Indriasari , Anita (2017) Penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk meningkatkan membaca pemahaman pada sub tema Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SDN Torongrejo 01 Batu / Anita Indriasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indriasari Anita. 2017. Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Pada Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Torongrejo 01 Kota Batu. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Badawi S.Pd M.Pd (II) Dra. Murtiningsih S.Pd M.Pd. Kata Kunci Peningkatan Strategi DRTA kemampuan membaca pemahaman Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi cerita fiksi. Untuk itu peneliti mengambil tindakan pembelajaran dengan menerapkan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) pada membaca pemahaman. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan strategi DRTA untuk meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Torongrejo 01 Kota Batu (2) Untuk mengetahui peningkatan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi DRTA pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Torongrejo 01 Kota Batu. Peneliti ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas milik Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam siklus 1 dilaksanakan 2 pertemuan dan di siklus 2 dilaksanakan 1 pertemuan. Setiap pertemuan dalam siklus terdiri dari empat tahap yang berurutan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Subyek penelitian yaitu 32 siswa kelas IV SDN Torongrejo 01. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara observasi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) Penerapan strategi DRTA untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 96 87% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 49 51% sedangkan siklus II meningkat menjadi 95 82% (2) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi DRTA dilihat dari hasil rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Untuk siklus I rata-rata siswa memperoleh nilai 60 39% dan pada siklus II meningkat menjadi 86 98%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 65 62% dengan kriteria tingkat keberhasilan cukup dan pada siklus II memperoleh 96 87% dengan kriteria tingkat keberhasilan sangat baik. Jumlah siswa dikelas IV sebanyak 32 siswa. Untuk siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 21 siswa dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 31 siswa. 8195 ABSTRACK Indriasari Anita. 2017. Strategy Implementation Directed Reading Thinking Activity (DRTA) To Improve Reading Understanding On Subtheme Proud Of The Region Where My Highness Class IV SDN Torongrejo 01 Kota Batu. Bachelor Thesis. Department of Elementary School Teacher Education. Department of Education and Preschool. Faculty of Science Education. The State University of Malang. Supervisors (I) Drs. Achmad Badawi S.Pd M.Pd (II) Dra. Murtiningsih S.Pd M.Pd. Keywords Improvement Strategy DRTA reading comprehension This research is based on the low ability of students to understand the content of fiction. To the researchers take action to implement the strategy of learning by DRTA (Directed Reading Thinking Activity) on reading comprehension. The objectives of this research are (1) To know the implementation of DRTA strategy to improve reading comprehension of fourth-grade students SDN Torongrejo 01 Kota Batu (2) To know improvement of comprehension reading by using DRTA strategy on reading comprehension skill of the fourth grade of SDN Torongrejo 01 Kota Batu. The researcher used Kurt Lewin s Class Action Research method which was carried out in two cycles. In cycle 1 held 2 meetings and in cycle 2 held 1 meeting. Each meeting in the cycle consists of four consecutive stages of planning execution observation and reflection. The approach used is qualitative. The subjects were 32 students of grade IV SDN Torongrejo 01. Data collection techniques were interview observation documentation and test. The results of this study can be concluded (1) Implementation of DRTA strategy to improve students grade comprehension can be done well. This can be seen from the activities of teachers and students at the time of learning. The result of teacher activity observation in cycle I was 96 87% and in cycle II it increased to 100%. While the observation of student activity on the first cycle is 49.51% while the second cycle increased to 95.82% (2) Improved comprehension reading skill by using DRTA strategy seen from the result of student s average and mastery learn. For cycle I the average students get the value of 60.39% and in the second cycle increased to 86.98%. While the completeness of student learning also experienced an increase in the first cycle I get a percentage of 65.62% with sufficient success rate criteria and in cycle II obtained 96.87% with the criteria of excellent success rate. The number of students in class IV as many as 32 students. For students who completed in cycle I as many as 21 students and experienced improvement in cycle II to 31 students.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |