Aditya, Rafelia Wisnu (2017) Penggunaan media wayang-wayangan kertas untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 1 SDN Gondowangi 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Raffelia Wisnu Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aditya Raffelia Wisnu. 2017. Penggunaan Media Wayang-Wayangan Kertas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 1 SDN Gondowangi 1 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidian Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd (II) Drs. Achmad Taufiq M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Berbicara Media Wayang-wayangan Kertas. Memperhatikan permasalahan pada pembelajaran sudah selayaknya pada proses pembelajaran diterapkan media pembelajaran.Sehingga dalam penelitian ini peneliti telah meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara dengan menerapkan media Wayang-wayangan Kertas. Berdasarkan uraian di atas peneliti melakukan penelitian dengan judul Penggunaan Media Wayang-Wayangan Kertas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 1 SDN Gondowangi 01 Pada Tema Pengalamanku Subtema Pengalaman Bersama Teman Pembelajaran 1. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I SDN Gondowangi 01 pada tema Pengalamanku dengan subtema Pengalaman Bersama Temanku.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian yang diperoleh dengan pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen wawancara dan observasi dengan obyek guru dan siswa. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap siklus I dan siklus II. Kegiatan penelitian pada setiap siklus dari tiap pertemuan yaitu berupa tahapan perencanaan kegiatan inti evaluasi dan refleksi. Berdasarkan analisi data diperoleh bahwa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan baik dari segi aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Hasil aktivitas siswa pada siklus pertama tingkat keberhasilan 67 22% dapat dikatakan tingkat keberhasilan D. Pada siklus II mengalami peningkatan 77 22% dapat dikatakan B tingkat keberhasilan aktivitas siswa meningkat 10%. Sedangkan pada aktivitas guru pada siklus I 79% dan siklus II meningkat 95 33% maka aktivitas guru meningkat 16 33%. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada kelas I SDN Gondowangi 1 kecamatan Wagir Kabupaten Malang dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Melalui penggunaan media wayang-wayangan kertas pada tema Pengalamanku Subtema pengalaman Bersama teman di kelas I dapat meningkatkan aktivitas belajar berbicara siswa. Hal ini sesuai dengan pengamatan observer yang telah dilakukan pada siswa mulai dari siklus I sampai Siklus II dan terjadi peningkatan disetiap siklusnya yaitu rata-rata siklus I 67 22 meningkat 15 67% pada siklus II menjadi 77 22 meningkat 10%. Kedua Melalui penggunaan media wayang-wayangan kertas pada tema Pengalamanku Subtema pengalaman Bersama teman di kelas I dapat meningkatkan hasil aktivitas guru. Hal ini sesuai dengan skor aktivitas guru yang diperoleh dari siklus I sampai siklus II dimana skor rata-rata siklus I 79% meningkat 16 5% dan skor menjadi 95 33% pada siklus II. Dengan demikian penggunaan media wayang-wayangan kertas dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru kelas I SDN Gondowangi 1 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Saran bagi peneliti Penelitian mengenai penggunaan media wayang-wayangan kertas dalam pembelajaran berbicara hendaknya lebih dikembangkan dengan penggunaan variasi-variasi warna tokoh tambahan hiasan dan lain-lain pada pembelajaran tema dan subtema lain oleh peneliti-peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6715 |
Actions (login required)
View Item |