Hendratmoko, Wida (2017) Pengembangan media ritatoon pembelajaran subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia kelas IV SDN 3 Gedogwetan / Wida Hendratmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hendratmoko Wida. 2017. Pengembangan Media Ritatoon Pada Pembelajaran Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Kelas IV SDN 3 Gedogwetan. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Ritatoon Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Sekolah Dasar Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SDN 3 Gedogwetan penggunaan media dalam pembelajaran masih belum maksimal dan terkadang tidak menggunakan media. Peneliti mengembangkan media ritatoon subtema kekayaan sumber energi di Indonesia. Peneliti mengambil subtema tersebut karena masih membutuhkannya media dalam pembelajaran supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan media ritaton subtema Kekayaan Sumber Energi di indonesia untuk mengasilkan media ritatoon yang digunakan pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dan dapat mendiskripsikan tingkat kelayakan menurut para ahli dan pengguna. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Dick Carey dengan langkah-langkah antara lain analisis kebutuhan dan tujuan analisis pembelajaran analisis pembelajaran dan konteks memilih dan menentukan KD sesuai tema dan subtema mengembangkan materi mengembangkan rencana media mengembangkan produk melakukan evaluasi revisi produk dan produk akhir. Produk media ritatoon pada subtema kekayaan sumber energi di Indonesia pembelajaran 1 yang berisikan materi sumber energi yang ada di Indonesia serta perubahan bentuk energi dan pemanfaatan lingkungan. Berdasarkan hasil evaluasi formatif ahli media mendapatkan rata-rata 93 18% yang termasuk kategori sangat layak evaluasi formatif ahli materi mendapatkan rata-rata 97 22% yang termasuk kategori sangat layak evaluasi formatif pengguna mendapatkan 94 44% yang termasuk kategori sangat layak pada ujicoba siswa kelompok kecil mendapatkan rata-rata 96 25% sedangkan ujicoba siswa kelompok besar mendapatkan skor saat pre-test 1400 dan jumlah skor pada post-test 1890. Sehingga dengan melihat rata-rata dan peningkatan yang dicapai dari media ritatoon dapat dikatakan sebagai media yang menarik dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Media ritatoon merupakan media yang dapat digunakan dalam menujang pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Pengembang media ritatoon selanjutnya dapat memberikan inovasi yang dibutuhkan pada media ritatoon dan penggunaan media yang relevan supaya dapat tercapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6700 |
Actions (login required)
View Item |