Firdaus, Nindy Putri (2017) Keterampilan membaca pemahaman berdasarkan PIRLS siswa kelas IV SDN Gugus 6 Kecamatan Blimbing Kota Malang tahun ajaran 2016/2017 / Nindy Putri Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Firdaus Nindy Putri. 2017. Keterampilan Membaca Pemahaman Berdasarkan PIRLS Siswa Kelas IV SDN Gugus 6 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Rumidjan M. Pd (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Membaca Membaca Pemahaman Kriteria Pemahaman PIRLS. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian yang berupa hasil keterampilan siswa kelas IV dalam memahami isi bacaan berdasarkan kriteria PIRLS. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik sampling purposive. Sasaran penelitian ini dikhususkan untuk kelas IV. Hal tersebut berdasar pada penelitian mengenai membaca pemahaman internasional yaitu PIRLS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Gugus 6 Kecamatan Blimbing Kota Malang berdasarkan kriteria PIRLS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Arjosari 1 Kota Malang kelas IV SD Arjosari 2 Kota Malang kelas IV SDN Arjosari 3 Kota Malang dan kelas IV SDN Balearjosari 1 Kota Malang. Kriteria tingkat pemahaman instrument menggunakan kriteria tingkat pemahaman PIRLS. Kriteria pemahaman berdasarkan PIRLS terbagi menjadi 4 tingkatan yaitu (1) Tingkat pemahaman rendah (Low) (2) Tingkat pemahaman sedang (Intermediate) (3) Tingkat pemahaman tinggi (High) (3) Tingkat pemahaman sempurna (Advance). Penelitian ini mengembangkan pertanyaan dari 2 teks berdasarkan indikator pertanyaan PIRLS. Teks untuk tes pertama berjudul Anak Katak dan Kawanan Semut dan teks untuk tes kedua berjudul Tiny Si Ayam Jantan Kecil yang keduanya dirujuk dari majalah bobo. Kedua teks yang digunakan untuk penelitian telah disesuaikan tingkat keterbacaan untuk kelas IV SD berdasarkan SMOG (Simple Measure of Gobbledygook). Setelah pelaksanaan penelitian diketahui prosentase keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV dari setiap SD dan masing-masing tes yaitu SDN Arjosari 1 memperoleh 66 87%. SDN Arjosari 2 memperoleh 60 39%. SDN Arjosari 3 memperoleh 61 80%. SDN Balearjosari 1 memperoleh 63 34%. Kategori hasil analisis yang diperoleh dari setiap tes pada masing-masing SD yaitu SDN Arjosari 1 memperoleh kategori baik. SDN Arjosari 2 memperoleh kategori cukup. SDN Arjosari 3 memperoleh kategori baik. SDN Balearjosari 1 memperoleh kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6698 |
Actions (login required)
View Item |