Fadilah, Siti Nur (2017) Peningkatan hasil belajar IPS materi sumber daya alam melalui model talking stick pada siswa kelas IV SDN Balowerti 03 Kota Kediri / Siti Nur Fadilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fadilah Siti Nur 2017 Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Balowerti 03 Kota Kediri Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. (II) Suminah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Talking Stick Hasil Belajar IPS. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dari hasil observasi diketahui 1) dalam proses pembelajaran banyak siswa yang masih pasif ketika ditanya guru 2) guru menggunakan model pembelajaran tradisional 3) siswa kurang memperhatikan guru dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara diketahui nilai KKM mata pelajaran IPS yaitu 70. Sebanyak 11 (39%) siswa mendapatkan nilai diatas KKM dan 20 (61%) siswa mendapat nilai dibawah KKM. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam melalui model talking stick pada siswa kelas IV SDN Balowerti 3 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 pertemuan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 78 57% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 67 31% dengan kriteria kurang dan meningkat menjadi 91 92% dengan kriteria sangat baik pada siklus 2. Pada aspek keterampilan persentase rata-rata pada siklus 1 yaitu 51 21% dengan kriteria kurang dan meningkat dengan persentase rata-rata 85 08% dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 65 73 (50%) dengan kurang sedangkan pada siklus II adalah 80 (88 71%) dengan kriteria baik. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Balowerti 03 Kota Kediri. Dengan adanya peningkatan dalam penelitian tersebut peneliti menyarankan untuk menggunakan model pembelajaran talking stick dalam pembelajaran IPS pada khususnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |