Jasmine, Mirza Imerelda Camallya (2017) Penerapan strategi leaning start with a question untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V tema 7 subtema 7.1 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang / Mirza Imerelda Camallya Jasmine. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Jasmine Mirza Imerelda Camallya. 2017. Penerapan Strategi Learning Start With a Question Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Tema 7 Subtema 7.1 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang . Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd. (II) Dra. Nihayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci penerapan Learning Start With a Question keterampilan berbicara kelas V Salah satu kemampuan yang harus dimiliki setiap siswa yaitu kemampuan berbicara sebab kemampuan berbicara menunjang keterampilan lainnya dan saling berkaitan. Berdasarkan hasil observasi pada 10 Januari 2017 diperoleh fakta dari 35 siswa terdapat 2 siswa yang terlihat aktif ketika diberi pertanyaan 5 siswa terlihat aktif namun masih malu untuk berpendapat dan 2 siswa yang abnormal atau cacat fisik sementara 26 siswa hanya menyimak. Dari hasil pengamatan tersebut guru sudah menumbuhkan kemampuan dalam terampil berbicara. Namun tidak secara spontan dapat membuat keterampilan berbicara siswa berubah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi Learning Strat With a Question dalam meningkatkan keterampilan berbicara (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan perbicara melalui strategi Learning Start With a Question. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklus yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian merupakan siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 pada semester genap tahun 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian penerapan strategi Learning Strat With a Question dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada siklus I pada pertemuan pertama mendapatkan nilai rata-rata 50 40% sedangkan pada pertemuan kedua nilai rata-ratanya meningkat menjadi 62 28%. Pada siklus II meningkat yaitu pada yaitu pada pertemuan pertama mendapatkan nilai rata-rata 73 71% sedangkan pada pertemuan kedua nilai rata-ratanya meningkat menjadi 86 09%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi Learning Start With a Question dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V. Disarankan kepada guru untuk memperhatikan pengorganisasian siswa. Di samping itu pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi Learning Start With a Question memerlukan alokasi waktu yang cukup banyak pada tiap langkahnya. Sehingga perlu adanya pengelolaan waktu oleh guru dengan cara mengajak siswa menyepakati waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |