Halimah, Nur (2017) Analisis soal buku siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan berdasarkan taksonomi bloom / Nur Halimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Halimah Nur. 2017. Analisis Soal Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan Berdasarkan Taksonomi Bloom. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M. Pd. (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. Kata Kunci analisis soal buku siswa Dalam Kurikulum 2013 buku siswa merupakan bahan ajar utama yang digunakan dalam pembelajaran SD SMP dan SMA sesuai dengan permendikbud. Namun dalam proses belajar mengajar terjadi beberapa masalah salahsatunya adalah terjadinya kekurangan soal yang terjadi pada siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkatan kognitif soal pada buku siswa kelas IV semester 1 tema Indahnya Kebersamaan berdasarkan Taksonomi Bloom yang terdapat pada Subtema 1 (Keberagaman Budaya Bangsaku) subtema 2 (Kebersaman dalam Keberagaman) dan subtema 3 (Bersyukur atas Keberagaman). Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu berupa dokumen buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan keluaran Kemdikbud. Adapun proses analisis data dilakukan melalui 3 tahap antara lain dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian atau pemaparan data dan tahap verifikasi data atau penemuan penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan persentase tingkatan kognitif pada subtema 1 yaitu 18% mengingat 36% memahami 10% menerapkan 20% menganalisis 8% mengevaluasi dan 8% mencipta. Subtema 2 memiliki persentase 41 37% mengingat (C1) 27 59% memahami (C2) 17 24% menerapkan (C3) 6 9% menganalisis (C4) 6 9% evaluasi (C5) dan 0% mencipta (C6). Dan subtema 3 memiliki presentase 13 43% mengingat (C1) 38 8% memahami (C2) 8 96% menerapkan (C3) 16 42% menganalisis (C4) 10 45% evaluasi (C5) dan 11 94% mencipta (C6). Sehingga rata-rata presentase pada tema ini adalah 24% mengingat (C1) 34 8% memahami (C2) 12 07% menerapkan (C3) 14 44% menganalisis (C4) 8 45% evaluasi (C5) dan 6 15% mencipta (C6). Dengan persentase mudah sedang sulit sebesar 24 47 29. Kesimpulannya bahwa persentase tingkat kognitif pada buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan integrasi pada subtema 1 dan 3 memiliki presentase yang kurang seimbang. Terdapat kriteria yang berlebih yaitu pada kriteria mudah. Sehingga terjadi kekurangan pada kriteria lain yaitu kriteria sedang dan sulit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6676 |
Actions (login required)
View Item |