Analisis nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita anak berjenis fabel / Dyah Ayu Caturningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita anak berjenis fabel / Dyah Ayu Caturningtyas

Caturningtyas, Dyah Ayu (2017) Analisis nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita anak berjenis fabel / Dyah Ayu Caturningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Caturningtyas Dyah Ayu. 2017. Analisis Nilai-Nilai Karakter yang Terkandung dalam Buku Cerita Anak Berjenis Fabel . Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd. (II) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd. Kata Kunci Cerita Anak Berjenis Fabel Nilai Karakter. Bahasa dan sastra merupakan media yang tepat dalam membentuk karakter seorang anak. Salah satu karya sastra yang dikenal dikalangan masyarakat yaitu fabel. Fabel merupakan cerita anak yang tokoh-tokohnya berupa binatang namun mereka menjalankan perannya layaknya manusia (personifikasi). Di dalam fabel nilai-nilai karakter termuat dalam unsur intrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur pembangun dalam sebuah karya yang meliputi tokoh alur latar dan amanat yang terdapat dalam cerita. Tujuan penelitian ini yakni 1) untuk memberitahukan 18 nilai karakter yang terdapat pada unsur-unsur cerita anak berjenis fabel 2) untuk memberitahukan pentingnya pendidikan sastra dalam pembangunan pendidikan karakter. Pendekatan penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis metode deskriptif. Jenis penelitian deskriptif yang digunakan yaitu analisis isi atau dokumen. Instrumen yang digunakan adalah modifikasi oleh peneliti sendiri. untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan diskusi ahli yakni dosen pembimbing dan guru. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Nilai karakter religius toleransi kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan menghargai prestasi bersahabat/ komunikatif cinta damai peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab muncul dalam unsur tokoh (2) Nilai karakter disiplin kerja keras kreatif demokratis menghargai prestasi dan cinta damai muncul dalam unsur alur (3) Nilai karakter kerja keras rasa ingin tahu komunikatif/bersahabat dan demokratis muncul dalam unsur latar (4) Nilai karakter religius toleransi demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan dan bersahabat/komunikatif muncul dalam unsur amanat. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti memberi saran bagi (1) Kepala Sekolah untuk mengambil kebijakan dalam merancang pembelajaran yang terkait dengan sastra dalam pembentukan karakter anak (2) Bagi penulis/penyusun karya sastra anak berjenis fabel agar melakukan perbaikan dan penambahan nilai-nilai karakter secara menyeluruh (3) Bagi guru untuk dikembangkan sebagai media dalam proses peningkatan kegiatan pembelajaran khususnya dalam pembangunan karakter dan (4) Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis dan lanjutan agar dapat melakukan penelitian dengan objek kajian yang berbeda fokus penelitian yang lebih mendalam dan dengan metodologi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6669

Actions (login required)

View Item View Item