Rahayu, Puji (2017) Penerapan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan kelas 1 subtema Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekita Kita di SDN Madyopuro 3 Malang / Puji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahayu Puji. 2017. Penerapan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Kelas 1 Subtema Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita di SDN Madyopuro 3 Malang . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd (II) Prof. Dr. Ruminiati. M.Si. Kata Kunci Media Big Book Penerapan Media Big Book Keterampilan Membaca Permulaan Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelas 1 SDN Madyopuro 3 Malang terdapat 17 siswa yang belum dapat menuturkan susunan huruf yang membentuk kata dan kalimat dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan tes membaca permulaan yang menunjukkan 15 siswa sudah berada dalam kategori sangat lancar 16 siswa berada dalam kategori lancar dan 1 siswa berada dalam kategori kurang lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media big book dan peningkatan aktivitas serta keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek yang diteliti yaitu kelas 1 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan alur perencanaan tindakan dan observasi refleksi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Pembelajaran yang semula terjadi komunikasi satu arah antara guru dan siswa setelah menggunakan media big book komunikasi yang terjadi pada pembelajaran menjadi dua arah atau adanya diskusi. Aktivitas guru yang terpenuhi siklus 1 yaitu 20 kegiatan dan aktivitas siswa yang terpenuhi yaitu 24 kegiatan. Pada siklus 2 aktivitas guru yang terpenuhi yaitu 23 kegiatan dan aktivitas siswa yang terpenuhi yaitu 26 kegiatan. Selain itu siswa yang berada dikategori sangat lancar pada siklus 1 ada 18 siswa siswa yang berada dikategori lancar ada 6 siswa dan siswa yang berada pada kategori kurang lancar ada 1 siswa. Pada siklus 2 siswa yang berada dikategori sangat lancar ada 19 siswa siswa yang berada dikategori lancar ada 5 siswa dan siswa yang berada dikategori kurang lancar ada 1 siswa. Peningkatan tersebut didasari oleh langkah-langkah pembelajaran menggunakan media big book yaitu (1) mengenalkan cerita dengan menstimulasi siswa dengan berdiskusi (tahap prabaca) (2) membacakan cerita dengan mimik wajah yang ekspresif (tahap saat baca) (3) di akhir cerita guru memancing pertanyaan diskusi kepada siswa tentang point penting cerita (tahap pascabaca). Ketiga langkah pembelajaran menggunakan media big book menimbulkan efek motivasi dan rasa ingin tahu siswa aktivitas dan keterampilan membaca permulaan meningkat. Sekolah disarankan untuk menyediakan media big book sebagai penunjang pembelajaran guru kelas rendah disarankan untuk merancang pembelajaran menggunakan media big book dan peneliti lain yang ingin meneliti tentang media big book disarankan untuk mengembangkan media big book dengan cerita lain yang menarik minat membaca siswa. ABSTRACT Rahayu Puji.2017.The Implementation of Big Book Media to Improve Early Reading Skills on First Grade in the Sub-theme Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita at SDN Madyopuro 3 Malang .Bachelor Thesis Thesis Primary Education and Preschool Activities Faculty of Education (I) Dra. Ratna Trieka Agustina S. Pd M. Pd (II) Prof Dr. Ruminiati. M.Sc. Keywords Big Book Big Book Implementation Basic Reading Skills Based on observations which are conducted in class 1 State Elementary School Madyopuro 3 Malang there are 17 students who can not be said that the letters that form words and sentences properly. This is evidenced by the test read starters showed 15 students are already in a very substandard category 16 students are in the current category and 1 student is in a category of less smoothly. This study aimed to describe the application of learning by using media big book and increased activity and reading skills of students beginning class 1. This study used a qualitative research design with classroom action research approach. Subjects studied were grade 1 amounting to 32 students. This study uses two cycles with grooves planning action and observation reflection and revision. The results showed the activities of teachers and students has increased. Learning that originally occurred one-way communication between teachers and students after using a media big book communication that happens to be a two-way learning or discussion. Activities teachers who fulfilled a cycle 1 of 20 activities and activities of the students are met and that 24 activity.In cycle 2 the activities of teachers who met and that 23 activities and activities of students who met and that 26 activity.In addition students who are categorized very smoothly in cycle 1 there are 18 students students who are categorized smoothly there are 6 students and students who are in the substandard category No 1 student. In cycle 2 students who are categorized very well there were 19 students students who are categorized smoothly there are 5 students and students who are categorized as substandard No 1 student. The increase is based on the learning steps using the media big book namely (1) to introduce the story to stimulate students to discuss (stage pre-reading) (2) read the story with an expression expressive face (stage when read) (3) at the end of the story teacher provoke discussion questions to students about the points important to the story (after reading stage). The third steep learning to use the media of big books give effect motivation and curiosity of students activities and beginning reading skills increased. Schools are advised to provide media the big book as supporting learning low-grade teachers are encouraged to design learning in using the media big book and other researchers who want to investigate about media the big book are advised to develop a media big book with another story that interests the students reading.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |