Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penggunaan media buklu komik pada siswa kelas IV SD Negeri Mangliawan II Malang / Loisa Apriyanti Koilal - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penggunaan media buklu komik pada siswa kelas IV SD Negeri Mangliawan II Malang / Loisa Apriyanti Koilal

Koilal, Loisa Apriyanti (2017) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penggunaan media buklu komik pada siswa kelas IV SD Negeri Mangliawan II Malang / Loisa Apriyanti Koilal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Koilal Loisa Apriyanti. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penggunaan Media Buku Komik Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mangliawan II Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Sjafruddin A. R S. Pd M. Md. Pembimbing II Dra. Ratna Trieka Agustina S. Pd M. Pd. Kata Kunci Keterampilan Membaca Pemahaman Media Buku Komik. Penelitian ini berlatar belakang kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV. Hal ini disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa untuk memahami isi dari sebuah bacaan yang disebabkan beberapa hal seperti kurangnya minat siswa untuk memahami isi bacaan kurang tertariknya siswa dengan metode ceramah tentang materi membaca intensif dan tidak ada pemanfaatan media yang tepat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan 1. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media buku komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Mangliawan II Malang. 2. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Mangliawan II Malang melalui penggunaan media buku komik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Mangliawan II Malang. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data secara kualitatif dan penelitian ini dilakukan II siklus dengan tahapan penelitian ini meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pembelajaran pada penelitian ini diawali dengan guru menunjukan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran dan menjelaskan langkah-langkah pembelajaran membaca pemahaman menggunakan media buku komik pada siswa kemudian siswa diminta untuk membaca buku komik dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan. Setelah itu siswa diminta untuk menyusun sebuah cerita dari tokoh yang disukainya dalam buku komik dan siswa bermain peran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dari siklus I mencapai 60 8% siklus II mencapai 81 25%. Dan peningkatan yang terjadi dari siklus I dan II mencapai 20 45% dari jumlah siswa 32. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media buku komik dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Mangliawan II Malang. Dari penelitian ini peneliti menyarankan agar guru juga menerapkan media buku komik dalam pembelajaran di kelas agar siswa tidak bosan dan guru juga harus menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item