Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media kartu kata pada siswa kelas I SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Anika Ribka Makunimau - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media kartu kata pada siswa kelas I SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Anika Ribka Makunimau

Makunimau, Anika Ribka (2017) Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media kartu kata pada siswa kelas I SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Anika Ribka Makunimau. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Makunimau Anika Ribka 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SDN Sawojajar 3 Kota Malang . Skripsi. Jurusan kependidikan sekolah dan pra sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I. Drs Rumidjan M.Pd.Pembimbing II. Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata kunci keterampilan membaca media kartu kata Penelitian ini berlatar balakang masih rendahnya keterampilan membaca aspek yang dinila dalam hal intonasi lafal kelancaran dan kenyaringan. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih bersifat pasif kegiatan pembelajarannya masih berpusat pada gurubelum adanya media kartu kata untuk menarik minat siswa dalam membaca. Penelitian ini bertujuan 1. Mendeskripsikan pemanfaatan media kartu kata untuk peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Sawojajar 03 kota Malang 2. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media kartu kata pada siswa kelas I SDN Sawojajar 03 kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas I SDN Sawojajar 3 kota Malang. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data secara kualitatif penelitian ini dilakukan II siklus dengan tahapan ini meliputi perencanaan pelaksanaan observasi refleksi. Pembelajaran pada penelitian ini dimulai dengan guru menunjukan kartu kata pada siswa kemudian siswa diminta untuk membaca kartu kata yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dari siklus I mencapai 75 57% siklus II mencapai 84.3%. Dan peningkatan yang terjadi dari siklus I dan siklus II mencapai 8.73 % dari jumlah siswa 33. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan penerapan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SDN Sawojajar 3 kota Malang dapat disarankan agar guru juga menerapkan media kartu kata dalam pembelajaran di kelas agar siswa tidak bosan dan guru harus menciptaka suasana belajar yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6647

Actions (login required)

View Item View Item