Kusumaningrum, Juniar (2017) Perbedaan hasil belajar konsep kecepatan antara penggunaan media realia dan bukan realia di SDN Kedungkandang 2 Malang / Juniar Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusumaningrum Juniar. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Konsep Kecepatan antara Penggunaan Media Realia dan bukan Realia di SDN Kedungkandang 2 Malang. Skripsi Prodi S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd (II) Dr. Sutarno M.Pd. Kata Kunci Media Realia Konsep Kecepatan Sekolah Dasar Matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak sehingga siswa sekolah dasar yang berada pada tahap berpikir konkret mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika. Salah satu cara menyelesaikan kesulitan pemahaman konsep bagi siswa yaitu menggunakan media. Pemilihan media yang sesuai dengan tahap berpikir siswa sekolah dasar yaitu media realia atau media benda konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peerbedaan hasil belajar konsep kecepatan antara penggunaan media realia dan bukan realia di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Kedungkandang 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain Quasi Eksperiment dengan bentuk Pretes-Postest Control Grup Design. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen soal pre-test dan post-test disertai dokumentasi pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan analisis dilakukan dengan menguji hipotesis melalui nilai pre-test dan post-test menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama hasil belajar konsep kecepatan pada siswa kelas V SDN kedungkandang 2 Malang yang diajar bukan menggunakan media realia nilai rata-rata pre-test yaitu 48 61 dan nilai rata-rata post-test yaitu 70 55. Kedua hasil belajar konsep kecepatan pada siswa kelas V SDN Kedungkandang 2 Malang yang diajar menggunakan media realia nilai rata-rata pre-test yaitu 51 11 dan nilai rata-rata post-test yaitu 77 50. Ketiga hasil belajar konsep kecepatan antara penggunaan media realia dan bukan realia memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung ttabel (2 782 2 032) dan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata post-test kelompok kontrol. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar konsep kecepatan yang signifikan antara penggunaan media realia dan bukan realia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut sebaiknya penggunaan media realia digunakan dalam pembelajaran sebagai alat bantu komunikasi. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga dapat terselesaikan skripsi dengan judul Perbedaan Hasil Belajar Konsep Kecepatan antara Penggunaan Media Realia dan bukan Realia di SDN Kedungkandang 2 Malang ini dengan baik. Shalawat serta salam penulis panjatkan kepada sang junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang benar bagi manusia dalam kehidupan yang beragama dan beradab. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini banyak mendapatkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terimakasih kepada. 1. Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) KEMENDIKBUD RI yang telah mendanai pendidikan penulis selama ini. 2. Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M. Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang telah memberikan izin dalam penelitian ini. 3. Drs. Imam Nawawi M.Si selaku Ketua Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang yang telah memberikan kemudahan segala pengurusan dalam penyelesaian skripsi ini. 4. Drs. Dimyati S.Pd M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang yang telah memberikan pengarahan dalam penyelesaian skripsi ini. 5. Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd selaku Dosen Pembimbing pertama yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam menyelesaikan skripsi ini. 6. Dr. Sutarno M.Pd selaku Dosen Pembimbing kedua yang telah memberikan arahan dalam menyelesaikan skripsi ini. 7. Kepala Sekolah dan Guru Kelas V SD Negeri Kedungkandang 2 Kota Malang yang telah memberikan izin kepada peneliti untuk mengumpulkan data penelitian. 8. Kedua Orang Tua yaitu Bapak Djunaedi dan Ibu Arlies beserta keluarga besar yang selalu memberikan motivasi dan dukungan serta doa kepada penulis demi kelancaran menyelesaikan skripsi ini. 9. Indah Hasnaini dan Rizki Y. Dahlan yang telah memberikan semangat saran dan bantuan mengerjakan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu. 10. Keluarga besar PGSD offering GT yang telah memberikan motivasi dan dukungan dalam menyelesaikan skripsi ini. Penulisan proposal ini masih jauh dari kata sempurna oleh karena itu kritik dan saran yang membangun diharapkan oleh penulis untuk perbaikan penulisan skripsi ini. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi pembaca dan perkembangan pendidikan di masa yang akan datang. Malang Mei 2017 Penulis 8195 DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK............................................................................................................ ........ i KATA PENGANTAR......................................................................................... ....... ii DAFTAR ISI........................................................................................................ ....... iv DAFTAR TABEL.......................................................................................................vi DAFTAR GAMBAR.................................................................................................vii DAFTAR LAMPIRAN............................................................................................viii BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang ......... ....... 1 B. Rumusan Masalah ............ ....... 4 C. Tujuan Penelitian ................. 5 D. Hipotesis Penelitian ................. 5 E. Manfaat Penelitian....................................................................................... 6 F. Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian............................................... 7 G. Definisi Operasional.................................................................................... 8 H. Kajian Pustaka............................................................................................. 8 I. Kerangka Pikir Penelitian..........................................................................19 BAB II METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian ....... ..... 20 B. Populasi dan Sampel ........ ..... 21 C. Variabel.............. ............22 D. Instrumen Penelitian .............. 23 E. Pengumpulan Data.................. ...............28 F. Analisis Data... ...............29 BAB III HASIL ANALISIS A. Hasil Belajar Konsep Kecepatan pada Siswa Kelas V SDN Kedung-kandang 2 Malang yang diajar bukan Menggunakan Media Realia ......... 34 B. Hasil Belajar Konsep Kecepatan pada Siswa Kelas V SDN Kedung-kandang 2 Malang yang diajar Menggunakan Media Realia .................... 36 C. Perbedaan Hasil Belajar Konsep Kecepatan antara Penggunaan Media Realia dan bukan Realia di SDN Kedungkandang 2 Malang.................... 37 BAB IV PEMBAHASAN A. Hasil Belajar Konsep Kecepatan pada Siswa Kelas V SDN Kedung-kandang 2 Malang yang diajar bukan Menggunakan Media Realia ......... 42 B. Hasil Belajar Konsep Kecepatan pada Siswa Kelas V SDN Kedung-kandang 2 Malang yang diajar Menggunakan Media Realia .................... 43 C. Perbedaan Hasil Belajar Konsep Kecepatan antara Penggunaan Media Realia dan bukan Realia di SDN Kedungkandang 2 Malang..................... 45 BAB V PENUTUP A. Kesimpulan................................................................................................. 48 B. Saran...........................................................................................................49 DAFTAR RUJUKAN. ...............50 8195 DAFTAR TABEL Tabel Halaman 1.1 2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.6 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 3.7 3.8 KI dan KD Materi Jarak Waktu dan Kecepatan......................... Rancangan Penelitian................................................................... Kisi-kisi Instrumen Pengukuran................................................... Makna Angka Korelasi Uji Reliabilitas Tes................................. Kriteria Taraf Kesukaran Butir Soal............................................. Kriteria Daya Beda....................................................................... Data dan Sumber Data.................................................................. Data Pre-test Siswa Kelompok Kontrol...................................... Data Post-test Siswa Kelompok EKontrol.................................. Data Pre-test Siswa Kelompok Eksperimen............................... Data Post-test Siswa Kelompok Eksperimen.............................. Data Normalitas Kemampuan Awal Siswa.................................. Uji Homogenitas Kemampuan Awal Siswa................................. Uji Kesamaan Dua Rata-rata........................................................ Uji Hipotesis (Uji-t)...................................................................... 10 20 24 26 27 28 28 35 35 36 37 38 39 40 40 8195 DAFTAR GAMBAR Gambar Halaman 1.1 1.2 1.3 1.4 1.5 2.1 4.1 Hasil Jawaban Siswa........................................................... Hubungan antara jam menit dan detik.............................. Pergantian Waktu dalam Satu Hari..................................... Hubungan jarak waktu dan kecepatan.............................. Kerangka Pikir Penelitian................................................... Hubungan antara variabel................................................... Kurva kedudukan hipotesis................................................. 2 11 11 12 19 22 47 8195 DAFTAR LAMPIRAN Nomor Halaman 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. RPP Kelompok Eksperimen................................................ RPP Kelompok Kontrol...................................................... Lembar Validasi ahli.......................................................... Lembar Validasi guru SD................................................... Soal Tes dan Kunci Jawaban Pre-test dan Post-test........... Validitas dan Reliabilitas.................................................... Pre-test dan Post-test Kelompok Eksperimen.................... Pre-test dan Post-test Kelompok Kontrol.......................... Normalitas dan Homogenitas Hasil Pre-test...................... Uji Kesamaan 2 Rata-rata dan Uji Hpotesis....................... Daya Beda dan Tingkat Kesukaran Soal............................ Dokumentasi Penggunaan Media Realia............................ Daftar Nama SiswaKelas V................................................ Kurva Normal..................................................................... Riwayat Penulis.................................................................. 52 62 68 72 75 79 81 82 83 84 85 86 87 88 89
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |