Peningkatan kemampuan membaca cerita dengan menggunakan big book pada siswa kelas I SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Dercy Yustiany Sarlout - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca cerita dengan menggunakan big book pada siswa kelas I SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Dercy Yustiany Sarlout

Sarlout, Dercy Yustiany (2017) Peningkatan kemampuan membaca cerita dengan menggunakan big book pada siswa kelas I SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Dercy Yustiany Sarlout. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sarlout Dercy Yustiany. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Cerita dengan Menggunakan Big Book Pada Siswa Kelas I SDN Sawojajar 3 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Acmad Badawi S.Pd. M.Pd (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd Kata kunci Membaca Cerita Big Book SD Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran tematik di kelas I SDN Sawojajar 3 ditemukan masih terdapat sebagaian besar siswa belum dapat membaca dengan lancar dan siswa yang masih mengeja sehingga terhambat kemampuannya untuk membaca kalimat dengan lancar. Penelitian ini dilaksankan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita siswa kelas I SDN Sawojajar 3 dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca cerita siswa kelas I SDN Sawojajar 3 setelah belajar menggunakan Big Book. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif rancangan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart melalui dua siklus siklus I dan siklus II masing-masing siklus meliputi (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Fokus pada penelitian ini yaitu membaca cerita menggunakan Big Book. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi wawancara tes dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis data dijelaskan secara kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) siswa dapat membaca lancar dengan benar melalui Big Book (2) siswa lebih percaya diri membaca teks cerita pendek didepan kelas dengan lafal dan intonasi yang tepat 3) aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran membaca semakin aktif dan siswa terlihat sangat antusias. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui Big Book pembelajaran membaca berjalan dengan baik. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 70 15 dan ketuntasan klasikal 51% atau 17 siswa pada siklus II meningkat menjadi 85 dan ketuntasan klasikal 73% atau 24 siswa. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca cerita siswa kelas I SDN Sawojajar 3. Peneliti juga memberikan saran agar penggunaan ini dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran membaca Bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif dalam menggunakan media yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item