Kemampuan membaca teks nonfiksi berbasis taksonomi Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) siswa kelas V SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Lukhman Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan membaca teks nonfiksi berbasis taksonomi Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) siswa kelas V SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Lukhman Hidayat

Hidayat, Lukhman (2017) Kemampuan membaca teks nonfiksi berbasis taksonomi Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) siswa kelas V SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Lukhman Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Lukhman. 2017.Kemampuan Membaca Teks Nonfiksi Berbasis Taksonomi Progress in Internastional Reading Literacy Study (PIRLS) Siswa Kelas V SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M. Pd (II) Dra. Hj. Sukamti M. Pd. Kata Kunci Membaca Teks Nonfiksi PIRLS Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dasar dengan menggunakan kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran yang berbasis teks sehingga diperlukan keterampilan membaca dalam pelaksanaannya. Dalam pembelajaran pada kelas tinggi teks nonfiksi banyak digunakan sehingga diperlukan kemampuan membaca teks nonfiksi yang memadai dari hasil studi internasional Progress in Internastional Reading Literacy Study (PIRLS) menggambarkan kemampuan siswa Indonesia dalam membaca masih tergolong dibawah standar internasional. Dengan melihat hal tersebut perlu dideskripsikan sejauh mana kemampuan membaca teks nonfiksi siswa SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Kota Malang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskrispsikan kemampuan siswa dalam memahami teks nonfiksi berdasarkan tingkat pemahaman PIRLS meliputi. Tingkat pemahaman rendah (Low) Tingkat pemahaman sedang (Intermediate) Tingkat pemahaman tinggi (High) dan Tingkat pemahaman sempurna (Advanced) pada siswa kelas V SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan rancangan penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini yakni siswa kelas VA VB dan VC SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Kota Malang yang berjumlah 86 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar teks bacaan nonfiksi berjudul misteri Gigi Raksasa yang diambil dan diterjemahkan dari PIRLS serta soal dengan kategori Pemahaman PIRLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam membaca teks nonfiksi berbasis PIRLS pada kategori rendah (Low) adalah 73 75% pada kategori sedang (Intermediate) adalah 32 5% pada kategori tinggi (High) adalah 21 56% dan pada kategori sempurna (Advanced) adalah 16 25%. Sedangkan secara keseluruhan kemampuan siswa dalam membaca teks nonfiksi berbasis PIRLS adalah 36% dengan kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks nonfiksi masih rendah sesuai dengan hasil tes yang dilakukan PIRLS. Oleh karena itu disarankan kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran membaca untuk menggunakan tingkat pemahaman PIRLS dalam membuat soal agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item View Item