Susanti, Vina Anggraeni Tri (2017) Analisis buku siswa kelas IV SD semester genap berdasarkan pendekatan tematik integratif / Vina Anggraeni Tri Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susanti Vina Anggraeni Tri. 2017. Analisis Buku Siswa Kelas IV SD Semester Genap Berdasarkan Pendekatan Tematik Integratif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci Analisis Buku Siswa SD Semester Genap Tematik Integratif Implementasi kurikulum 2013 pada jenjang SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik terpadu mulai dari kelas I hingga kelas VI. Terkait dengan hal tersebut penelitian ini bermaksud secara spesifik menemukan model-model pembelajaran terpadu yang digunakan dalam penulisan buku siswa kelas IV SD semester genap. Model-model pembelajaran terpadu tersebut menjadi fokus dalam kajian penelitian ini didasarkan pada pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 SD/MI yang dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan tematik integratif dan model pembelajaran terpadu yang lebih dominan diimplementasikan dalam buku siswa kelas IV SD semester genap. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis) atau kajian isi. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data penganalisis data sekaligus pembuat laporan hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku siswa kelas IV SD semester genap meliputi buku tema 6 hingga tema 9 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengkaji pendekatan tematik integratif dalam penulisan buku dan model-model pembelajaran terpadu yang dominan digunakan dalam buku yang dianalisis. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pada buku yang dianalisis memuat 3 atau lebih mata pelajaran dalam setiap pembelajarannya. Model pembelajaran terpadu yang memadukan 3 atau lebih mata pelajaran merupakan model pembelajaran terpadu yang digunakan dalam penerapan pendekatan tematik integratif dalam penulisan buku yang dianalisis yaitu model webbed threaded integrated immersed dan networked. Model pembelajaran terpadu yang lebih dominan muncul yaitu model webbed threaded dan integrated. Model pembelajaran terpadu yang dirakit dari 1 mata pelajaran yaitu model fragmented connected dan nested. Model yang dirakit dari 2 mata pelajaran yaitu model sequenced dan shared. Berdasarkan temuan penelitian yang diperoleh tersebut maka peneliti menyarankan bagi pemerintah untuk menyempurnakan buku ajar yang digunakan oleh satuan pendidikan agar sesuai dengan prinsip-prinsip pendekatan tematik terpadu. Selain itu bagi peneliti lain disarankan untuk menemukan model-model pembelajaran terpadu dalam penulisan buku ajar lainnya dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |