Artalini, Wuyung Dwi (2017) Persepsi guru terhadap penerapan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar negeri Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Wuyung Dwi Artalini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Artalini Wuyung Dwi. 2017. Persepsi Guru Terhadap Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suharjo M.S. M.A (2) Drs. A. Badawi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Persepsi Guru Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru menggantikan kurikulum sebelumnya. Di Kabupaten Malang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) karena dirasa menemui hambatan dalam melaksanakan Kurikulum 2013 untuk sementara waktu Kurikulum 2013 ditangguhkan. Akan tetapi pada tahun 2016 SDN di Kabupaten Malang mulai menerapkan kembali Kurikulum 2013 di kelas I dan kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui persepsi guru mengenai penerapan Kurikulum 2013 yang difokuskan pada perencanaan pelaksanaan penilaian serta kendala yang dialami oleh guru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa catatan wawancara dokumentasi serta observasi guru kelas I dan guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakkukan dengan cara wawancara dokumentasi serta observasi. Kemudian analisis data dilakukan melalui reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru mengenai penerapan Kurikulum 2013 yaitu (1) perencanaan pembelajaran bahwa penyusunan RPP dilakukan setelah menuntaskan satu tema sumber belajar selain buku guru dan buku sisiwa sebagai pendamping (2) pelaksanaan pembelajaran bahwa media dibuat sendiri oleh guru dengan melibatkan peserta didik pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran serta penggunaan metode campuran dalam pembelajaran (3) penilaian pembelajaran bahwa guru memberikan evaluasi dengan tes tulis dan lisan serta penilaian pada peserta didik dilakukan dengan cara pengamatan (4) kendala dalam penerapan Kurikulum 2013 bahwa buku guru dan buku siswa datang terlambat dan penilaiannya yang dirasa rumit dan menyita waktu serta penerimaan peserta didik yang tidak dapat dibatasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru kelas I dan IV sudah melaksanakan perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran serta penilaian penilaian tetapi masih menemui kendala dalam penerapan Kurikulum 2013. Berdasarkan kesimpulan tersebut hendaknya guru mengikuti pelatihan mengenai Kurikulum 2013 secara lebih mendalam agar memahami ketentuan yang terdapat pada Kurikulum 2013 sebaiknya guru perlu menyusun RPP sebelum kegiatan pembelajaran seharusnya guru melukakan penilaian pada peserta didik selama dan setelah pembelajaran serta guru dapat mengembangkan kompetensinya untuk menghadapi setiap perubahan dari kurikulum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6621 |
Actions (login required)
View Item |