Peningkatan hasil belajar PKn tentang Lembaga Negara melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV SDN Purwokerjo 01 Kabupaten Blitar / Titin Risanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn tentang Lembaga Negara melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV SDN Purwokerjo 01 Kabupaten Blitar / Titin Risanti

Risanti, Titin (2017) Peningkatan hasil belajar PKn tentang Lembaga Negara melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV SDN Purwokerjo 01 Kabupaten Blitar / Titin Risanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Risanti Titin. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn tentang Lembaga Negara melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Purwokerto 01 Kabupaten Blitar Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Widayati M.H (2) Suminah S.Pd M.Pd Kata kunci Hasil belajar lembaga negara model Talking Stick Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas IV SDN Purwokerto 01 Kabupaten Blitar pada pembelajaran PKn diketahui bahwa (1) siswa kurang fokus di awal pelajaran karena tidak dilakukan apersepsi (2) siswa tidak memperhatikan penjelasan materi karena tidak menggunakan media pembelajaran (3) kegiatan pembelajaran berpusat pada guru (4) menggunakan metode ceramah 5) siswa hanya duduk diam belum aktif berpendapat dan menjawab pertanyaan dari guru. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu dari 14 siswa terdapat 5 siswa yang nilainya di bawah KKM dengan ketuntasan klasikal 35%. Penelitian ini bertujuan menerapkan model Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwokerto 01 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualititif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru meningkat 12 5% dari 81 25% pada siklus I menjadi 93 75% pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat 12 5% dari 81 25% pada siklus I menjadi 93 75% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada pratindakan hanya 5 dari 14 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 64 dan ketuntasan klasikal 35 71%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat terbukti dari 14 siswa terdapat 6 siswa yang tuntas dan mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 8805 75 dengan nilai rata-rata kelas 72 dan ketuntasan klasikal 49%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 12 dari 14 siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 82 dan ketuntasan klasikal 85 65%. Pada siklus II terdapat 2 siswa yang belum tuntas karena 2 siswa tersebut memiliki keterlambatan dalam membaca menulis sehingga mempengaruhi dalam proses berfikir yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Lembaga Negara pada siswa kelas IV SDN Purwokerto 01 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan apabila guru ingin meningkatkan hasil belajar PKn dapat menerapkan model Talking Stick.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6618

Actions (login required)

View Item View Item