Khotimah, Alimatul (2017) Peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana melalui model Coorperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) di kelas IIIB SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Alimatul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khotimah Alimatul. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Kelas IIIB SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing (I) Dra Lilik Bintartik M. Pd (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd Kata kunci menulis karangan sederhana model CIRC Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas III SDN Pakunden 2 Kota Blitar ditemukan permasalahan dalam menulis karangan sederhana (1) kesesuaian isi cerita dengan tema yang ditulis siswa masih kurang (2) siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide dalam bentuk paragraf (3) karangan siswa hanya terdiri dari dua sampai tiga kalimat (4) siswa masih kesulitan menulis menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat (5) Dari 36 siswa terdapat 25 siswa (69%) yang masih kesulitan dalam menulis karangan sederhana dan belum mencapai nilai KKM yang ditentukan 8805 80. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana pada siswa kelas IIIB SDN Pakunden 2 Kota Blitar melalui penerapan model CIRC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan sederhana melalui penerapan model CIRC di kelas IIIB SDN Pakunden 2 Kota Blitar dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa. Persentase KBK siswa kelas IIIB SDN Pakunden 2 Kota Blitar sebesar 31% (sangat kurang) pada tahap pratindakan pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 64% (kurang) pada pertemuan 2 menjadi 78% (cukup) dan pada siklus II pertemuan 1 meningkat lagi menjadi 89% (baik) pada pertemuan 2 mencapai 94% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model CIRC pada pembelajaran menulis karangan sederhana telah dilaksanakan dengan sangat baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa. Disarankan bagi guru untuk mengupayakan adanya tindak lanjut berupa penerapan model CIRC pada pembelajaran membaca dan menulis untuk menciptakan pembelajaran yang aktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6616 |
Actions (login required)
View Item |