Zahroh, Siti Fatimatuz (2017) Peningkatan hasil belajar IPS materi uang melalui model Team Games Tournament (TGT) kelas III SDN Ponggok 04 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Siti Fatimatuz Zahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zahroh Siti Fatimatuz. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Uang Melalui Model Team Games Tournament (TGT) Kelas III SDN Ponggok 04 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing (I) Suminah S.Pd. M.Pd (II) Suwarti S.Pd. M.Pd Kata kunci hasil belajar pembelajaran IPS uang model team games tournament Berdasarkan observasi pratindakan yang dilakukan di kelas III SDN Ponggok 04 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan antara lain penerapan metode konvesional yang berdampak pada proses pembelajaran teacher center cenderung menggunakan metode ceramah siswa mudah jenuh dan bosan terhadap proses pembelajaran kurangnya keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat kurangnya keaktifan siswa siswa diminta menghafal konsep-konsep dan guru tidak menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian menyebabkan hasil belajar siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar baik secara individu maupun klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Team Games Tournament (TGT) mata pelajaran IPS materi uang dan peningkatkan hasil belajar IPS pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian terdiri dari dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru meningkat 19% dari 78% pada siklus I menjadi 97% pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat 17% dari 78% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada pratindakan hanya 5 dari 22 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 64 dan ketuntasan klasikal 27%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat terbukti dari 22 siswa terdapat 11 siswa yang tuntas dan mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 8805 70 dengan nilai rata-rata kelas 61 dan ketuntasan klasikal 50%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 22 siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 84 dengan ketntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS melalui model Team games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar kelas III SDN Ponggok 04 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model Team games Tournament (TGT) dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6615 |
Actions (login required)
View Item |