Hasnaini, Indah (2017) Analisis penggunaan media berdasarkan kurikulum 2013 pada pembelajaran tema 6 kelas V SDN Sawojajar 5 Kota Malang / Indah Hasnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hasnaini Indah. 2017. Analisis Penggunaan Media Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tema 6 Kelas V SDN 5 Kota Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci Penggunaan Media Kurikulum 2013 Perencanakan pembelajaran tidak terlepas dari merencanakan pemilihan media. Perencanaan pemilihan media akan mempermudah ketercapaian tujuan pembelajaran tertentu. Kenyataan di lapangan banyak guru yang kurang memperhatikan perencanaan pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang baik dan sesuai dengan kurikulum 2013. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai perencanaan pemilihan dan penerapan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pemilihan dan penerapan media pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dan kesulitan yang ditemui dalam penerapan media pada pembelajaran tema 6 kelas V SDN Sawojajar 5 Kota Malang. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas V dan media yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi penyajian data dan verifikasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut. Pertama mengenai perencanaan pemilihan media berdasarkan kurikulum 2013 pada pembelajaran perencanaan pemilihan yang dilakukan guru sudah menerapkan tahap analysis learner characteristics (analisis karakter siswa) state objectives (menentukan tujuan) dan select media (memilih media). Dalam pemilihan media kurang sesuai dengan pemilihan media yang baik berdasarkan kurikulum 2013. Kedua mengenai penerapan media dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 penerapan media kurang sesuai dengan kriteria penerapan media yang baik. Ketiga guru mengalami kesulitan menyediakan media yang ideal untuk satu kelas dan kesulitan mengadakan media pada setiap pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut. Pertama perencanaan pemilihan media tema 6 di kelas V sudah dilakukan sesuai dengan tahap perencanaan. Kedua penerapan media dalam pembelajaran sesuai dengan pemilihan media sebelum pembelajaran. Ketiga kesulitan yang dialami guru berkaitan dengan penyedian media yang cukup untuk banyak siswa di kelas. Mengingat pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran hendaknya guru memperhatikan penggunaan media yang berdasarkan kurikulum 2013. Untuk peneliti selanjutnya hendaknya mengumpulkan data lebih mendalam lagi dengan perpanjangan waktu penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6605 |
Actions (login required)
View Item |