Analisis isi buku kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku / Hilda Fatma Nahdia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis isi buku kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku / Hilda Fatma Nahdia

Nahdia, Hilda Fatma (2017) Analisis isi buku kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku / Hilda Fatma Nahdia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nahdia Hilda Fatma. 2017. Analisis Isi Buku Siswa Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra Harti Kartini M.Pd. (II) Sri Estu Winahayu M.Pd. Kata Kunci Analisis Isi Buku Siswa Kayanya Negeriku SD Penggunaan buku teks pelajaran membuat pembelajaran di kelas lebih efektif. Pada kurikulum 2013 buku teks telah disediakan oleh pemerintah dan selalu akan dimutakhirkan dan pemerintah menerima masukan untuk penyempurnaan buku siswa. Tema 9 Kayanya Negeriku merupakan tema baru yang sebelumnya tidak ada pada buku kelas IV dengan perubahan tema tersebut sehingga buku tema 9 belum pernah dilakukan revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian isi buku siswa dengan karakteristik pembelajaran terpadu penerapan langkah-langkah saintifik implementasi langkah-langkah model pembelajaran dan frekuensi kesalahan kaidah bahasa pada buku siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian deskriptif. Sumber data adalah buku siswa kelas IV semester II tema 9. Unit analisis dalam penelitian menggunakan unit fisik dan unit tematik. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis data dilakukan validasi ahli oleh ahli metodologi. Uji reliabilitas dialakukan menggunakan intercoder reliability oleh ahli bahasa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh empat temuan hasil analisis yaitu (1) kesesuaian karakteristik pembelajaran terpadu dengan buku siswa sebesar 87 49% dengan tiap karakteristik holistik 81 94% otentik sebesar 81 94% bermakna 88 88% dan keaktifan sebesar 91 67%. (2) penggunaan langkah-langkah pendekatan saintifik 87 7% dengan kegiatan mengamati sebesar 100% kegiatan menanya pada buku 88 89% kegiatan mencoba/mengumpulkan informasi 77 78% kegiatan menalar sebesar 100% dan kegiatan mengkomunikasikan sebesar 72 22%. (3) implementasi penggunaan model yaitu pembelajaran berbasis masalah digunakan sebanyak 3 kali model pembelajaran discovery learning tercatat 4 kali model pembelajaran berbasis proyek sebanyak 4 kali penggunaan dan 1 kali penggunaan model pembelajaran role playing dan karya wisata. (4) Buku siswa tema 9 Kayanya Negeriku terdapat kesalahan penggunaan kaidah bahasa sebanyak 68 kali dalam 4 subtema. Kesalahan-kesalahan berupa penulisan ejaan dalam penggunaan kata baku pengetikan tanda baca penggunaan huruf besar dan kecil serta kesalahan pada kelengkapan kalimat yaitu kalimat kurang efektif ketepatan struktur kalimat kalimat yang bermakna ganda. Pada buku siswa aktivitas yang ditawarkan lebih bervariasi pada kegiatan bertanya dan mengkomunikasikan selain itu optimalisasi penggunaan panca indra dalam kegiatan mengamati. Untuk tahap-tahap penggunaan model pembelajaran lebih baik digunakan secara utuh dan sesuai dengan sintaks yang harus dilakukan pada tiap-tiap model serta dalam menulis agar lebih teliti pada unsur kaidah kebahasaan baik dari segi ejaan maupun kalimat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item View Item