Lubis, Aburrizal Hamdani (2017) Peningkatan hasil belajar melalui permainan kartu bilangan dan benda konkrit siswa kelas 1 SDN Banturejo 1 subtema pengalaman bersama teman / Aburrizal Hamdani Lubis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lubis Aburrizal Hamdani. 2017. Peningkatan hasil belajar melalui permainan kartu bilangan dan benda konkrit siswa kelas 1 SDN Banturejo 1 subtema pengalaman bersama teman. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj Endang Setyo Winarni M.Pd. (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata Kunci Media Permainan kartu bilangan Benda konkrit SD Bilangan cacah Permainan kartu bilangan ini yaitu permainan yang dilakukan menggunakan peraturan-peraturan tertentu yang sudah ditetapkan oleh guru kelas berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti terlihat siswa sangat pasif dan dalam pembelajaan guru kurang menggunakan benda konkrit untuk pembelajaran berdasarkan hasil observasi peneliti melakukan penelitian di SDN Banturejo 1 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran permainan kartu bilangan dan benda konkrit mendeskripsikan aktivitas siswa melalui permainan kartu bilangan dan benda konkrit mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa yang ada di SDN Banturejo 1 Racangan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berupa tindakan kelas subjek penelitian kelas 1 dengan jumlah siswa 34 SDN Banturejo 1 pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik (1) observasi (2) dokumentasi (3) teknik tes (4) catatan lapangan data diambil dengan analisi data dari hasi belajar analisis data dari aktivitas siswa dan prosedur penelitian (1) perencanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Hasil penelitian yang sudah dilakukan dari setiap pertemuan menunjukkan bahwa (1) aktivitas pembelajaran siswa sangat baik dan mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan presentase siklus I 69 ke siklus II dengan presentase 71 5 dengan ketuntasan klasikal 82% (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan permainan kartu bilangan dan benda konkrit dilaksanakan dengan sangat baik dan (3) hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dari soal pre test nilai 66 3 meningkat menjadi 67 pada siklus II dan meningkat menjadi 74 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dan disarankan menggunakan media kartu bilangan dan benda konkrit untuk menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang digunakan terutama pada materi penjumlahan bilangan dua angka akan tetapi guru juga perlu mempertimbangkan manajemen waktu dan pengelolaan kelas yang baik karena untuk memberitahukan cara bermain dan bermainnya membutuhkan waktu yang tidak singkat. ABSTRACT Lubis Aburrizal Hamdani. 2017. Increased learning results through a card game numbers and concrete objects students in grade 1 at SDN Banturejo 1 taking the experience with friends. Bachelor theses Prodi Education Primary School teachers majoring in Education Elementary School and Preschool Education Science Faculty of the State University of Malang. Mentor (I) Dra. Hj Endang Setyo Winarni M.Pd. (II) Drs Sumanto M.Pd. Key Words The Media Card Game numbers concrete objects SD Numbers Chopping Card game numbers is the game that is done using certain rules that have been set by the teacher based on the results of the observation done researchers visible students are very passive and in pembelajaan teachers less using concrete objects to learning based on the result of observation researchers conducting research in SDN Banturejo 1 sub-districts Ngantang Malang Regency The purpose of this research is to define ecological lessons card game numbers and concrete objects describing activities students through the card game numbers and concrete objects describe the improvement of student learning outcomes in SDN Banturejo 1 This Racangan using qualitative approach in the form of class action research subject in grade 1 with the number of students 34 SDN Banturejo 1 data collection in this research using the technique (1) observations (2) documentation (3) test technique (4) note the field data taken with a data from the first study data analysis of the activity of the students and the research procedure (1) planning actions (3) observations (4) reflection. The results of the research that has been done from every meeting showed that (1) learning activities the students are very good and have increased is shown with the precentage of the cycle I 69 to the cycle II with the precentage 71 5 with learning in line with the classical 82% (2) Implementation of learning with card game numbers and concrete objects carried out with very good and (3) the results of student learning has been improved from the question of the pre test 66 3 value increased to 67 at cycle II and increased to 74 at cycle II. Based on the results of research shows the card numbers can improve the results of the study and the activities of the students and it is recommended to use the media card numbers and concrete objects to become one of the alternative learning that used especially in addition material numbers two numbers but teachers also need to consider the time management and classroom management is good because to tell how to play and bermainnya requires a short period.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6583 |
Actions (login required)
View Item |