Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model make a match kelas VD SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Susanti Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model make a match kelas VD SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Susanti Dwi Lestari

Lestari, Susanti Dwi (2017) Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model make a match kelas VD SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Susanti Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari SusantiDwi. 2017. PeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriPecahanMelalui Model Make A Match KelasVD SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing (I) SuminahS.Pd. M.Pd(II)Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si Kata kunci matematika pecahan hasilbelajar model Make A Match Penelitininidilaksanakan di SDN Pakunden 2 Kota Blitarpadasiswakelas VD yang berjumlah 28 siswaterdiridari 15 siswalaki-lakidan 13siswaperempuan. Penelitianinidilatarbelakangikarenasebagianbesarsiswatidakmenguasaioperasihitungperkaliansehinggasulituntukmenyelesaikanoperasihitungpecahan.Dengandemikianmenyebabkanhasilbelajarmatematikatidakmampumencapaiketuntasanbelajarbaiksecaraindividumaupunklasikal. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswamelalui model Make A Match. Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifdanjenispenelitian yang digunakanadalah PTK yang terdiridariduasiklusmasing-masingterdiridariduapertemuan.Tiapsiklusdilakukandengantahapanperencanaan pelaksanaan pengamatan danrefleksi.Pengumpulan data dilakukandenganobservasi tes catatanlapangan dandokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model pembelajaranMake A Matchpadapembelajaranmatematikamateripecahan di kelas VD SDN Pakunden 2 Kota Blitardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Terlihatpadapratindakanpersentseketuntasanbelajarklasikalsiswasebesar 32% padasiklus I rata-rata persentaseketuntasanbelajarkalasikalsiswameningkatmenjadi 66% danpadasiklus II meningkatlagimenjadi 90%. Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa model Make AMatchdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamaterimengubah menjumlahkandanmengurangkanpecahanpadasiswakelas VD SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Untukitudiharapkan guru menggunakan model Make A Matchdalampembelajaranmatematikasehinggasiswalebihaktifmengikutipembelajarandanmemperolehhasilbelajar yang maksimaldansebagaisalahsatusolusiatau alternative bahanpertimbagandalamperbaikandanpeningkatanpembelajarandanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6580

Actions (login required)

View Item View Item