Sania, Amalia (2017) Penggunan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kotya Malang / Amalia Sania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sania Amalia 2017. Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd (II) Drs. Toha Mashudi M.Pd. Kata Kunci keterampilan menulis karangan narasi media gambar seri Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Malang ditemukan bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan ketika menulis karangan narasi banyak kesalahan dalam menggunakan kosakata penulisan huruf kapital dan penyusunan kalimat. Terdapat kalimat yang diulang-ulang sehingga kalimat yang ditulis siswa kurang efektif. Kesalahan tersebut terjadi karena faktor internal. Faktor internal bisa terjadi karena siswa malas membaca sehingga referensi yang dimiliki siswa kurang dalam menulis. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan penelitian secara lebih mendalam di kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Mendiskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri dalam menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (2) Mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang setelah menggunakan media gambar seri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan tindakan kelas . Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu teknik observasi dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Malang. Hal ini dibuktikan pada kondisi pratindakan nilai rata-rata kelas sebesar 67 4 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 44% (14 siswa yang tuntas). Setelah dilakukan tindakan siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74 56 dengan persentase ketuntasan siswa 66% (21 siswa yang tuntas) dan siklus II sebesar 81 96 dengan persentase ketuntasan siswa 91% (29 siswa yang tuntas). Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Sebaiknya guru kelas V menggunakan media gambar seri sebagai penunjang dalam pembelajaran menulis karangan narasi (2) Sebaiknya siswa lebih dibiasakan lagi untuk mengasah kemampuan dalam menulis (3) Untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan yang lain. ABSTRAK Sn Amalia 2017. Using the Media to improve the Series Picture Essay writing skills narration on the students in grade 5 at SDN Bumiayu 3 sub-districts Kedungkandang Malang city. Bachelor theses majoring in Education Elementary School and Preschool Education Science Faculty of the State University of Malang. The Advisor (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd (II) Drs Toha Mashudi M.Pd. Key Words skills wrote essay narration media series pictures Based on the result of observation in class V SDN Bumiayu 3 sub-districts Kedungkandang Malang found that some students have difficulty when writing narration many errors in using vocabulary writing capital letters and the formulation of the sentence. There are words that are repeated so that the sentence written by students less effective. The error occurs because the internal factors. Internal Factors can occur because students are reluctant to read so that the references that are owned by the students less in writing. Related to this the required research in more depth in class V SDN Bumiayu 3 sub-districts Kedungkandang Malang city. This research was conducted with the purpose of (1) define ecological implementation of learning using the media image of the series in essay writing narratives on the students in grade 5 at SDN Bumiayu 3 sub-districts Kedungkandang Malang city (2) define ecological improving the skills of essay writing narratives on the students in grade 5 at SDN Bumiayu 3 sub-districts Kedungkandang Malang city after using the media image of the series. This research uses a qualitative approach to the type of the laboratory class action . Data collection techniques used by the researchers in this research is the technique of observation documentation and test. Based on the results of research can be concluded that the essay writing learning narratives using the media image of the series can improve essay writing skills narrative of the students in grade 5 at SDN Bumiayu 3 sub-districts Kedungkandang Malang. This is shown on the condition of the average value pratindakan class of 67.4 with the percentage of learning in line with the students by 44% (14 students that completed). After done action I cycle the value of the average rose to 74 56 class with the percentage of students learning in line with 66% (21 students completed) and the cycle II of 81 96 with the percentage of students learning in line with 91% (29 students completed). Based on the results of research recommended (1) should class teachers V using the media image of the series as a support in learning essay writing narration (2) should students more conditioned to sharpen their ability in writing (3) For the next researcher can do research using the media image of the series in essay writinglearning the other.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6578 |
Actions (login required)
View Item |