Wahyuningsih. Rona (2017) Peningkatan keterampiulan menulis deskripsi melalui model picture and picture di kelas II MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar / Rona Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuningsih Rona. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Picture and Picture di Kelas II MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. (2) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci deskripsi bahasa Indonesia picture and picture Hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II MI Al Huda Kebonrejo Kabupaten Blitar diketahui bahwa (1) pembelajaran berpusat pada guru (2) guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab (3) siswa kurang aktif dalam pembelajaran (4) suasana pembelajaran kurang menyenangkan dan (5) keterampilan menulis deskripsi siswa masih rendah yaitu dari 18 siswa hanya 8 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu 75 sedangkan sebanyak 10 siswa dinyatakan belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model pictue and picture. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus satu siklus terdiri dari dua pertemuan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase kemampuan guru dalam menggunakan model picture and picture pada siklus I adalah 91% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 94% dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pratindakan adalah 70 dengan ketuntasan klasikal mencapai 44%. Siklus I didapatkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 76 19 dengan ketuntasan klasikal 61 25%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 81 33 dengan ketuntasan klasikal mencapai 83 3% dengan kualifikasi baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture dilaksanakan guru dengan sangat baik sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Peningkatan keterampilam menulis siswa kelas II dari kurang menjadi baik. Disarankan kepada guru untuk menerapkan dan mengembangkan model picture and picture pada pembelajaran bahasa Indonesia dan bagi sekolah hendaknya memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6576 |
Actions (login required)
View Item |