Ifada, Muzayyanatul (2017) Peningkatan hasil belajar siswa materi pecahan melalui model make match pada kelas V SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar / Muzayyanatul Ifada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ifada Muzayyyanatul. 2017.PeningkatanHasilBelajarSiswaMateriPecahanmelalui Model Make A Match padaKelas V SDN Darungan 01KabupatenBlitar.Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (2) Dra. Sri Murdiyah M.Pd Kata kunci peningkatan hasilbelajar model pembelajaran make a match Berdasarkanobservasiawal yang dilakukanolehpeneliti di kelas V SDN Darungan 01 KabupatenBlitaryang berjumlah 20 siswapadapembelajaranmatematikamateripecahandiketahuibahwa (1)guru tidakmenggunakan RPP dalammengajar (2) minatsiswa yang kurangdalammengikutipembelajaranmatematika (3) guru tidakmenggunakan model pembelajaran yang inovatifdanmenyenangkan (4) siswakurangberkonsentrasidalammemperhatikanpembelajaran (5) guru kurangmeratadalammemberikanperhatian (6) kurangnyapenggunaan media dalampembelajaran (7) rendahnyahasilbelajarmatematikadengannilai di bawahKKM.Oleh karena itu perlu diadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menerapakan model pembelajaran make a matchguna meningkatakan hasil belajar siswa kelas V SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikobservasi wawancara tes dokumentasidancatatanlapangan. Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisdata kualitatif yang meliputireduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitiandenganmenerapkan model pembelajaranmake a matchmengalamipeningkatanyaitu padasiklus I rata-rata persentaseaktivitas guru sebesar 88 5% dansiklus II mencapai97 5%.Aktivitassiswapadasiklus I memiliki rata-rata persentase82 5% danpadasiklus II mencapai90%. Sementaraituhasilbelajarsiswapadapratindakanhanya 9 dari 10siswa yang tuntasdengannilai rata-rata kelas 66 5danpersentaseketuntasan 45%. Padasiklus I hasilbelajarsiswapadaranahafektifaspekpercayadirimemilikinilai 2 danmeningkatmenjadi 4padasiklus II.Aspektanggungjawabmemilikinilai 3 danpadasiklus II meningkatmenjadi 4.Nilaipsikomotorsiswajugamengalamipeningkatandarisiklus I memilikijumlahskor 107 dengannilai 4menjadi144 dengannilai 4.Padaranahkognitifnilai rata-ratasiklus I sebesar60 8danmeningkatmenjadi84 58padasiklus II. Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaranmake a matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswamateripecahankelas V SDN Darungan 01 KabupatenBlitar dandisarankanpada guru yang inginmeningkatkanhasilbelajarsiswamateripecahanhendaknyamenggunakan model make a match.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6561 |
Actions (login required)
View Item |