Peningkatan keterampilan menulis paragraf melalui dongeng dengan boneka jari pada siswa kelas III SDN Mejoyosari Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang / Fachrun NisaÔÇÖ - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis paragraf melalui dongeng dengan boneka jari pada siswa kelas III SDN Mejoyosari Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang / Fachrun NisaÔÇÖ

NisaÔÇÖ, Fachrun (2017) Peningkatan keterampilan menulis paragraf melalui dongeng dengan boneka jari pada siswa kelas III SDN Mejoyosari Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang / Fachrun NisaÔÇÖ. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa Fachrun. Peningkatan Menulis Paragraf Melalui Dongeng dengan Boneka Jari Pada Siswa Kelas III SDN Mejoyolosari Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd (2) Dr. Sutarno M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Menulis Paragraf Dongeng Boneka Jari. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Siswa mengalami kesulitan dalam menulis paragraf dengan tepat penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis paragraf melalui dongeng dengan boneka jari pada siswa kelas III (2) mendeskripsikan hasil peningkatan pembelajaran menulis paragraf melalui dongeng dengan boneka jari pada siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitiannya deskrtipstif dengan rancangan penelitian tindakan kelas model Taggart. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 24 siswa yang terdiri Dari 14 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksankan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti melalui teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes tulis. Data yang terkumpul hasil analisis menggunakan data kualitatif secara deskriptif untuk mencari nilai rata-rata presentase keberhasilan menulis paragraf dan nilai aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf melalui dongeng dengan boneka jari dapat membuat siswa lebih antusias dalam pembelajaran siswa lebih mudah dalam belajar menulis suasana kelas pada saat pembelajaran lebih menyenangkan. Tahapan menulis paragraf dalam penelitian ini ada 5 yaitu prewriting drafting revising editing publishing. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatanyang signifikan. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata menulis siswa tahap pratindakan 65 siklus I 72 5 dan siklus II meningkat menjadi 87. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa menulis paragraf melalui dongeng dengan boneka jari dapat meningkatkan aktivitas dan hasil keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN Mejoyolosari Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Peneliti juga memberikan saran agar penerapan mendongeng dengan boneka jari dapat diterapkan dalam pembelajaran berikutnya. Melalui dongeng dengan boneka jari ini sangat membantu dalam peningkatan pembelajaran menulis paragraf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6560

Actions (login required)

View Item View Item