Lilawati, Efy (2017) Penerapan model project based learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Penatar sewu Sidoarjo / Efy Lilawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lilawati Efy.2017. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Penatarsewu Sidoarjo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata kunci Project Based Learning (PjBL) Aktivitas Hasil Belajar. Project Based Learningmerupakan pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas siswa yang dikemas dalam suatu pengerjaan proyek dengan melakukan investigasi tentang suatu masalah dan mencari penyelesaian yang relevan. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran IPA yang dilakukan di kelas IV siswa belum terbiasa mengungkapkan pertanyaan saran kritik dan pendapat yang mereka punya selama pembelajaran.Hasil belajar 21 siswa dari 30 siswa masih di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 81. Untuk memecahkan masalah tersebut maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan penerapan model PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Penatarsewu Sidoarjo melalui penerapan model PjBL. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakandalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Penatarsewu Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 12 siswa perempuan.Data dalam penelitian ini berupa hasil observasi aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah diterapkannya model PjBL menunjukkan dampak yang baik. Terbukti dari adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata skor komponen aktivitas guru pada siklus I sebesar 88% menjadi 100% pada siklus II. Rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76% menjadi 94% pada siklus II. Rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 67% menjadi 87% pada siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan moodel PjBL dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Penatarsewu Sidoarjo. Disarankan bagi guru untuk menerapkan model PjBL di dalam pembelajaran di kelas dengan menyesuaikan karakteristik materi agar dapat meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |