Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui lingkungan alam sekitar pada kelas II SDN Kendalrejo 01 Kabupaten Blitar / Riska Endarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui lingkungan alam sekitar pada kelas II SDN Kendalrejo 01 Kabupaten Blitar / Riska Endarwati

Endarwati, Riska (2017) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui lingkungan alam sekitar pada kelas II SDN Kendalrejo 01 Kabupaten Blitar / Riska Endarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Endarwati Riska. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Lingkungan Alam Sekitar Pada Kelas II SDN Kendalrejo 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Sutansi M.Pd. Kata kunci keterampilan menulis menulis deskripsi lingkungan alam sekitar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas II SDN Kendalrejo 01 Kabupaten Blitar pada proses pembelajaran menulis deskripsi dengan jumlah 29 siswa yaitu pembelajaran di kelas kurang mengaktifkan siswa serta siswa tidak melakukan langkah-langkah menulis deskripsi yang baik. Guru dalam pembelajaran nya tidak menggunakan media pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar siswa. Selain itu siswa kurang teliti dalam mendeskripsikan dan belum dapat memilih kata yang tepat untuk mendeskripsikan objek. Sehingga hanya 10 siswa tuntas dalam menulis deskripsi dengan KKM 70 sementara 19 siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan lingkungan alam sekitar dalam pembelajaran menulis deskripsi dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui lingkungan alam sekitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada tahap pratindakan aktivitas guru sebesar 64% dengan kriteria D (kurang) persentase aktivitas (nilai proses) siswa 38% dengan kriteria E (sangat kurang) dan persentase ketuntasan siswa dalam menulis deskripsi 34% dengan kriteria E (sangat kurang). Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas guru 82 5% termasuk kriteria B (baik) persentase aktivitas siswa (nilai proses) 63 5% termasuk kriteria D (sangat kurang) dan persentase ketuntasan siswa dalam menulis deskripsi 57% termasuk kriteria E (sangat kurang). Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas guru 100% dengan kriteria A (sangat baik) persentase aktivitas siswa (nilai proses) 96 5% dengan kriteria A (sangat baik) dan persentase ketuntasan siswa dalam menulis deskripsi 88% dengan kriteria B (baik). Penerapan pembelajaran menulis deskripsi melalui lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa. Untuk itu disarankan guru dapat menerapkan pembelajaran menggunakan lingkugan alam sekitar dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6554

Actions (login required)

View Item View Item