Daryanto, Nicho Singgih (2016) Pengembangan augmented reality animasi pembelajaran kelas XI SMA pokok bahasan pengangkutan pada tumbuhan / Nicho Singgih Daryanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Daryanto Nicho Singgih. 2016. PengembanganAugmented RealityAnimasi Pembelajaran Kelas XI SMA Pokok Bahasan Pengangkutan Pada Tumbuhan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Susilaningsih M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci augmented reality animasi pengangkutan pada tumbuhan Melihat dekatnya media pembelajaran sebagai bagian dari pembelajaran pengembang melalui persepektif teknologi pendidikan mencoba mengembangkan produk media yang dapat digunakan untuk membantu memecahkan permasalahan pembelajaran yang ada. Biologi adalah salah satu mata pelajaran SMA yang mempelajari tentang alam dan isinya.Dalam pembelajaran biologi guru menggunakan metode ceramah dan praktik akan tetapi siswa membutuhkan media pendukung materi terutama materi-materi yang tidak dapat dilihat langsung dan hanya dapat melihat gambar pada buku seperti materi pengangkutan pada tumbuhanberdasarkan permasalah tersebut pengembang memutuskan untuk mengembangkan animasi yang dikombinasikan dengan teknologi augmented realityyang dapat memvisualisasikan materi yang sebelumnya hanya dapat dilihat pada gambar dibuku sehingga siswa dapat lebih memahami materi.Tujuan dari pengembangan ini adalahuntuk menghasilkan produk video animasi augmented realitypembelajaran sistem pengangkutan pada tumbuhanyang valid yang dapat membantu guru dalam mengajar siswa di kelas XI IPA SMA Panjura Malang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan media Sadiman dkk. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa kelas XI IPA SMA Panjuran Malang yang pernah yang mengikuti mata pelajaran biologi sistem pengangkutan pada tumbuhan. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan video animasi augmented realitypengangkutan pada tumbuhan ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 98% ahli materi 99% uji coba lapangan kelompok kecil88 20% uji coba lapangan kelompok besar87 53%. Saran yang diajukan kepada guru mata pelajaran Biologi adalah pada pembelajaran selanjutnya dapat menggunakan video animasi augmented reality ini sehingga siswa memperoleh sumber belajar yang maksimal. Bagi pengembang selanjutnya agar dalam mengembangkan menyesuaikan dengan tujuanpembelajaran lebih bervariasi lebih baik dan menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/655 |
Actions (login required)
View Item |