Mahardika, Firsa Fajar (2017) Peningkatan hasil belajar IPS tentang perjuangan melawan penjajah melalui model take and give kelas V SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Firsa Fajar Mahardikadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mahardika Firsa Fajar. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Melawan Penjajah Melalui Model Take and Give Kelas V SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah S.Pd. M.Pd (2) Suwarti S.Pd. M.Pd Kata kunci peningkatan hasil belajar ips model take and give Berdasarkan pengamatan pada kegiatan observasi yang dilakukan di kelas V C SDN Pakunden 2 Kota Blitar pada hari Sabtu tanggal 12 November 2016 ditemukan permasalahan antara lain (1) strategi yang digunakan guru adalah membaca pada awal pembelajaran (2) guru memakai motede (3) guru menerapkan tanya jawab pada siswa (4) pembelajaran hanya terpusat pada guru. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa tidak mampu mencapai ketuntasan. Dari 27 siswa siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 4 siswa. Sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 23 siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model Take and Give pada pembelajaran IPS dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar. Terbukti dari aktivitas guru pada siklus I sebesar 84%. Aktivitas guru pada siklus II sebesar 100% meningkat 16% dari siklus I. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 89%. Aktivitas siswa pada siklus II sebesar 100% meningkat 11% dari siklus I. Hasil belajar siswa pada pratindakan mencapai 52%. Siklus I pertemuan 1 sebesar 57% meningkat 5% dari kegiatan pratindakan. Siklus I pertemuan 2 sebesar 68% meningkat 11% dari siklus I pertemuan 1. Siklus II pertemuan 1 sebesar 77% meningkat 9% dari siklus I pertemuan 2. Dan siklus II pertemuan 2 sebesar 86% meningkat 9% dari siklus II pertemuan 1. Diakhir siklus II pertemuan 2 terdapat 4 siswa yang belum tuntas dikarenakan lamban dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Take and Give dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas belajar siswa dan hasil belajar IPS tentang perjuangan melawan penjajah siswa kelas V SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Disarankan untuk guru agar menerapkan model pembelajaran Take and Give dalam pembelajaran IPS. Karena model Take And give merupakan model yang menekankan siswa agar memberikan informasi yang telah ia kuasai kepada temannya. Hal tersebut membuat siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |