Penggunaan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangliawan II Kecamatan Pakis Kota Malang / Yantino - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangliawan II Kecamatan Pakis Kota Malang / Yantino

Yantino (2017) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangliawan II Kecamatan Pakis Kota Malang / Yantino. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yantino 2016. Penggunaan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Kelas IV SD Negeri Mangliawan II Kecamatan Pakis Kota Malang. Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Malang.Pembimbing I. Dra. Sri Sugiarti M.Pd II. Drs. Sumanto M.Pd. Kata Kunci Gambar Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan perolehan hasil nilai ulangan umum semester I pada tahun 2015/2016 dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri mangliawan II adalah 65 76 sedangkan KKM yang harus di capai adalah 70. Oleh karena itu untuk menigkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negri mangliawan II menggunakan media gambar. Tujuan masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan aktifitas pembelajaran IPS pada materi mengenal teknologi masa lalu dan masa kini dengan mengunakan media gambar Bagaimanakah peningkatan hasil belajar materi mengenal teknologi masa lalu dan masa kini dengan mengunakan media gambar di SDNegri Mangliawan II . Penelitian ini mengunakan desain penelitian tindakan kelas yang di lakukan dalam dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negri mangliawan II Kecamatan pakis Kabupaten Malang. Pengumpulan data Siklus I dan II dengan mengunakan tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri mangliawan II. Hasil belajar saat pratindakan rata-rata kelas adalah 65 76 untuk ketuntasan ada 9 siswa atau 28 12% dan belum tuntas ada 23 siswa atau 71 87%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70 00. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas71 92 ketuntasan ada 16 siswa atau 50% dan belum tuntas ada 16 siswa atau 50% berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke siklus I sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 79 6 dan ketuntasan ada 28 siswa atau 87 5% dan belum tuntas ada 4 siswa atau 12 5% dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II.Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Simpulan peneliti bahwahasilbelajardankeaktifan siswakelasIV SD Negri Mangliawan IIdenganmenggunakanmedia gambar padamatapelajaranIPS mengalami peningkatan. Saran bagi sekolah Mediagambardalamupayameningkatkan aktivitas danhasilbelajarIPSmerupakan mediayang cukupefektifuntukditerapkandikelas sehinggatercipta pembelajaranyang lebihmenarik dan siswaterbantu dalam memahami materiIPSyang cenderungbanyak hafalan dandiharapkangurudapatmenerapkanpenggunaanmediagambarbukan hanyapadapembelajaranIPStetapi pembelajaranlain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6527

Actions (login required)

View Item View Item