Lidiawati, Anis (2017) Implementasi pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di kelas III SDN Cemorokandang Kota Malang / Anis Lidiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lidiawati Anis. 2017. Implementasi Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 di Kelas III SDN Cemorokandang 4 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suharjo M.S M.A (II) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd Kata Kunci Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Hasil observasi awal yang pada Magang 3 bahwa langkah kegiatan saintifik menanya menalar dan mengkomunikasikan belum dilakukan. Selain itu observasi yang dilakukan di SDN Cemorokandang 4 peneliti menemukan langkah kegiatan saintifik belum sepenuhnya dilakukan. Berdasarkan data tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (2) mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada Pelaksanaan Pembelajaran (3) mendeskripsikan masalah-masalah dalam penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa paparan tentang implementasi pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di SDN Cemorokandang 4 Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Kegiatan analisis meliputi kegiatan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Impelementasi pendekatan saintifik pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru kelas III SDN Cemorokandang 4 Kota Malang Tema 5. Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional Subtema 5.3 Melestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional di Daerahku pada pembelajaran ke-1 sampai pembelajaran ke-6 belum sepenuhnya direncanakan. Kegiatan menanya tidak tertulis pada pembelajaran ke-1 ke-2 ke-4 ke-5 dan ke-6 (2) Impelementasi pendekatan saintifik pada Pelaksanaan Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas III SDN Cemorokandang 4 Kota Malang Tema 5. Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional Subtema 5.3 Melestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional di Daerahku pada pembelajaran ke-1 sampai pembelajaran ke-6 belum sepenuhnya dilakukan. Kegiatan menanya tidak terlaksana pada pembelajaran ke-5 dan ke-6 (3) Masalah penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu pada kegiatan mengamati peserta didik sering kurang teliti pada kegiatan menanya peserta didik kurang percaya diri untuk bertanya pada kegiatan mencoba peserta didik kurang percaya diri dengan hasilnya dan kurang bisa berinteraksi dengan temannya ketika diskusi pada kegiatan menalar peserta didik kurang percaya diri dengan pendapatnya dan ketika diskusi kurang bisa berinteraksi dengan temannya pada kegiatan mengkomunikasikan peserta didik kurang percaya diri dan belum bisa menyampaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |