Ramadani, Achmad Ridwan (2016) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile pada mata pelajaran geografi materi pokok analisis unsur cuaca: angin untuk kelas XI SMA Islam Malang / Achmad Ridwan Ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ramadani Achmad Ridwan. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile Pada Mata Pelajaran Geografi Materi pokok Analisis Unsur Cuaca Angin Untuk Kelas X Sma Islam Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mobile Geografi SMA Unsur Cuaca Angin. Multimedia pembelajaranberbasis mobileadalah perpaduan antara berbagai media yang berupa teks gambar suara animasi dan video yang dikemas menjadi satu dalam file digital dengan cara pengoperasiannya mengunakan perangkat mobile (smartphone tablet laptop notebook).Aplikasi dalam multimedia pembelajaran berbasis mobile ini mengemas materi yang dipadukan dengan unsur multimedia dengan tujuan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi Geografi baik di sekolah maupun di luar sekolah kapan saja. Media yang dikembangkan berfungsi sebagai komplemen. Dalam mempelajari materi pokok analisis unsur cuaca angin membutuhkan visualisasi yang menggambarkan proses perpindahan angin sehingga materi tersebut harus dijelaskan melalui teks gambar audio video dan animasi yang terdapat pada multimedia pembelajaran berbasis mobile maka dari itu multimedia pembelajaran berbasis mobile diperlukan dalam pembelajaran materi pokok analisis unsur cuaca angin agar lebih efektif. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis mobileversi offlineyang valid sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaranGeografikelasXmaterimateri pokok analisis unsur cuaca angin. Secara keseluruhan penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee W.W. Owens D.L. yang meliputi tahap analisis desain pengembangan dan implementasi dan tahap evaluasi. Karena model pengembangan Lee W.W. Owens D.L. dalam tahap evaluasi tidak dijelaskan secara spesifik siapa yang menjadi reviewer maka peneliti menambahkan langkah evaluasi menurut model Sadiman yaitu ujicoba ahli media ujicoba ahli materi dan ujicoba audiens/siswa.Subjek penelitian dalam validasi pengembangan ini yaitu siswa kelas X SMA Islam Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dari validator dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian intrumen oleh ahli media ahli materi dan audiens/siswa. Multimedia pembelajaran ini divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi serta pada ujicoba perorangan sebanyak 3 orang uji coba kelompok kecil sebanyak 8 orang dan uji coba lapangan sebanyak 15 orang. Setelah dilakukan metode analisis hasil validasi multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media didapatkan skor prosentase sebesar 95 58% ahli materi sebesar 92 37% dari ujicoba perseorangan didapat skor prosentase sebesar 91 94% dari ujicoba kelompok kecil didapat skor prosentase 93 00% dan ujicoba lapangan didapat skor presentase 90 08%. Hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Agar hasil produk program ini dapat bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran di kelas perlu pengawasan guru selama pelaksanaan pembelajaran menggunakan m-learning. Untuk diseminasi produk ke sasaran yang lebih luas userbisa mengupload aplikasi/media ke Google Play Store. Google Play Storemerupakan layanan konten digital milik Google di mana pengguna smartphone Android dapat mengunduh berbagai aplikasi sesuai yang diinginkannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/652 |
Actions (login required)
View Item |