Industri bata merah di Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri / Azzah Aini Fahmiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Industri bata merah di Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri / Azzah Aini Fahmiya

Fahmiya, Azzah Aini (2019) Industri bata merah di Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri / Azzah Aini Fahmiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Fahmiya Azzah Aini. 2018. Industri Batu Bata Merah di Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Ruja S.U (II) Agus Purnomo M.Pd Kata Kunci Industri Batu Bata Pekerja Industri Kesejahteraan Peran Pemerintah Peningkatan dan pembangunan industri kecil yang berkembang di Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi industri lokal masyarakat yang mampu memberikan kontribusi pada pendapatan rumah tangga. Industri kecil ini berupa industri batu bata merah. Industri rumah tangga seperti batu bata merah berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan dan dapat membantu mengembangkan keterampilan sumber daya manusia sehingga dapat menghasilkan produk yang memiliki daya saing tinggi.Berdasarkan uraian tersebut peneliti ingin menganalisis bagaimana industri batu bata merah digunakan masyarakat Desa Ngreco sebagai upaya untuk kesejahteraan keluarganya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik pekerja industri batu bata merah (2) Mengapa industri batu bata merah dipilih masyarakat Desa Ngreco untuk kesejahteraan keluarganya (3) Bagaimana pendapatan pekerja industri batu bata merah (4) Bagaimana peran pemerintah terhadap industri batu bata merah di Desa Ngreco Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data ysng digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu informan pendukung dan informan kunci. Teknik pengumpulan meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan cara reduksi penyajian data penarikan simpulan dan verifikasi. Beberapa karakteristik yakni mayoritas berjenis kelamin laki-laki yang masih dalam usia produktif beban tanggungan sedikit tingkat pendidikan pekerja industri batu bata pada pendidikan dasar dan menengah. Pekerja industri batu bata merah memiliki alasan untuk memanfaatkan sumber daya alam berupa tanah liat. Alasan lain yaitu kemampuan atau skill yang dimiliki mudahnya pengolahan batu bata merah berpendidikan rendah dan bahan baku yang mudah didapat serta resiko kegagalan yang kecil. Pendapatan antar pekerja berbeda-beda karena beberapa faktor diantaranya modal yang digunakan jumlah batu bata merah yang dihasilkan dan cuaca yang tidak menentu. Peran Pemerintah Desa Ngreco diantaranya penyuluhan pembuatan batu bata merah yang bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Kediri program jalin matra pemasaran dari mulut ke mulut dan melalui sosial media seperti web desa facebook dan whatsapp. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan rujukan untuk program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kajian kewirausahaan. Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan kajian dengan perspektif yang berbeda yaitu tentang pengaruh adanya industri batu bata pada ketersediaan sumber daya alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/65133

Actions (login required)

View Item View Item