Fauziyah, Lafi Nailil (2017) Analisis multiple intelligences siswa kelas IV SDN Bareng 5 KOta Malang / Lafi Nailil Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fauziyah Lafi Nailil. 2017. Analisis Multiple Intelligences Siswa Kelas IV SDN Bareng 5 Kota Malang.Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dimyati S. Pd. M.Pd. (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata Kunci Analisis Multiple Intelligences Fakta di lapanganditemukan bahwa konsep kecerdasan jamak belum terintegrasi secara optimal dalam setiap penyelenggaraan pendidikan di sekolah. di kelas IV SDN Bareng 5 Kota Malang pada 9-10 Agustus 2016 selama pembelajaran berlangsung guru menggunakan metode yang sama untuk semua siswa. Guru tidak memandang cara belajar siswa yang berbeda karena guru kurang memahami kecenderungan kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitubagaimanakah hasil analisis kecerdasan linguistik siswa bagaimanakah hasil analisis kecerdasan matematis-logis siswa dan bagaimanakah hasil analisis kecerdasan kinestetis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif -kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pedoman observasi kecerdasan linguistik kecerdasan matematis-logis kecerdasan kinestetis-jasmani dan tes. Analisis data penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari observasi menunjukan bahwa siswa kelas IV SDN Bareng 5 Kota Malang cenderung memiliki kecerdasan linguistik dibandingkan dengan kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan kinestetis-jasmani. Hasil penelitian dari tes yaitu kecenderungan kecerdasan linguistik sangat tinggi sedangkan kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan kinestetis-jasmani masuk dalam kriteria tinggi. Hal ini dikarenakan guru hanya berusaha memperkuat kecerdasan linguistik siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa siswa kelas IV SDN Bareng 5 Kota Malang memiliki kecenderungan kecerdasan linguistik sangat tinggi yaitu sebanyak 75% sedangkan kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan kinestetis-jasmani masuk dalam kriteria tinggi yang masing-masing sebanyak 55% dan 50%. Saran dari penelitian ini yaitu sekolah perlu menerapkan pembelajaran berbasis multiple intelligences mengingat bahwa setiap siswa memiliki kecenderungan kecerdasan yang berbeda. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis multiple intelligences guru dapat mengoptimalkan prestasi siswa melalui kecerdasan yang dimiliki oleh setiap siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |