Penerapan model pembelajaran picture dan picture untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi pada tema 7 "merawat hewan dan tumbuhan" di kelas II SDN Madyopuro 4 Malang / Nila Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran picture dan picture untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi pada tema 7 "merawat hewan dan tumbuhan" di kelas II SDN Madyopuro 4 Malang / Nila Rohmah

Rohmah, Nila (2017) Penerapan model pembelajaran picture dan picture untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi pada tema 7 "merawat hewan dan tumbuhan" di kelas II SDN Madyopuro 4 Malang / Nila Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmah Nila. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture UntukMeningkatkanAktivitasSiswa Dan KeterampilanMenulisKaranganNarasiPadaTema 7 MerawatHewan Dan Tumbuhan Di KelasII SDN Madyopuro 4 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.H. AchmadBadawi S.Pd M.Pd. (II) Drs. Hj. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Model PembelajaranPicture And Picture KeterampilanMenulisKaranganNarasi. BerdasarkanhasilwawancaraawalpadahariRabutanggal 11 Januari 2017 dengan guru kelas II SDN Madyopuro 4 Malang terdapatbeberapapermasalahandalampelaksanaanpembelajaranmenuliskarangannarasiyaitusiswamasih kebingungan untuk merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimatyang akanditulis kurang bisa memunculkan ide-ide dan kurang bisa membuat urutan kejadian dalam membuat sebuah karangannarasi.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilanmenuliskarangannarasipadasiswakelas II SDN Madyopuro 4 Malang denganmenerapkan model pembelajaranpicture and picture. Jenispenelitian yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiridari 4 tahapyaituperencanaan pelaksanaan pengamatandanrefleksi. PelaksanaanTindakanKelas (PTK) inidilaksanakanselama 2 siklus. Setiapsiklusdilaksanakanselamadua kali pertemuan. Subjekpenelitiannyaadalahsiswakelas II denganjumlahsiswa 35. Objekpenelitianiniadalahketerampilanmenuliskarangannarasimelaluipenerapan model pembelajaranpicture and picture. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapan model pembelajaranpicture and picture dapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangannarasisiswa. Hasilmenuliskarangannarasipadapratindakan siswa yang mencapainilai KKM sebanyak20 siswaatau 57 41% siklus I menjadi 25 siswaatau 71 43% danpadasiklus II meningkatsebanyak 28 siswaatau 80%. Hal inidapatterlihatdaripeningkatannilai rata-rata padasetiaptahap. Padatahappratindakannilai rata-rata siswasebesar 71 8 siklus I sebesar 74 51 dansiklus II sebesar 76 02. Kesimpulan yang dapatdiambildaripenelitianiniyaitudenganmenerapkan model pembelajaranpicture and picture dalampembelajaranketerampilanmenuliskarangannarasiterbuktidapatmeningkatkanketerampilansiswakelas II dalammenuliskarangannarasi. Maka dari itu disarankan kepada guru agar menerapkan model pembelajaranpicture and picture dalam proses pembelajaranmenuliskarangannarasi agar memudahkansiswasaatmenuliskarangannarasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6502

Actions (login required)

View Item View Item