Rasul, Pahi (2017) Meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan media boig book pada siswa kelas IV SDN Lesanpuro 01 KOta Malang / Pahi Rasul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rasul Pahi. 2017. Meningkatkan Keterampilan Bercerita dengan Menggunakan Media Big Book pada Siswa Kelas IV SDN Lesanpuro 01 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Muhana Gipayana M.Pd (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd Kata Kunci Peningkatan keterampilan bercerita bercerita big book Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan peneliti pada kelas IV SDN Lesanpuro 01 Kota Malang ditemukan beberapa permasalahan pembelajaran dalam fokus keterampilan bercerita yaitu keterampilan bercerita siswa masih sangat rendah. Permasalahan keterampilan bercerita siswa diantaranya dalam bercerita siswa cenderung terbata-bata gugup tidak mampu mengeluarkan ekspresi pada saat bercerita baik mimik maupun pantom mimik serta pada saat bercerita suara yang dikeluarkan siswa sangat pelan. Berdasarkan permasalahan temuan peneliti pada saat melakukan observasi maka peneliti berupaya untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa dengan menggunakan media Big Book. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media Big Book dalam meningkatkan keterampilan berecerita (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan bercerita menggunakan media Big Book pada siswa kelas IV SDN Lesanpuro 01 Kota Malang. Big Book adalah buku yang berukuran besar disertai teks yang ditulis besar dan jelas serta ilustrasi yang besar dan menarik untuk mendukung pemahaman isi dan memudahkan siswa dalam melakukan kegiatan bercerita. Berkaitan dengan itu maka diperlukan adanya pembahasan mengenai peningkatan keterampilan bercerita siswa menggunakan media Big Book. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan selama dua siklus dan terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa. Secara klasikal pada tahap pratindakan nilai rata-rata hasil keterampilan bercerita sebesar 55 kemudian meningkat menjadi 70 pada tindakan siklus I. Pada tindakan siklus II nilai rata-rata keterampilan bercerita siswa meningkat menjadi 84. Berdasarkan paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa media Big Book dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IV SDN Lesanpuro 01 Kota Malang. Saran jika melakukan penelitian serupa sebaiknya dalam membuat media Big Book agar lebih memperhatikan bahan yang digunakan agar Big Book dapat tahan lama atau tidak cepat rusak. Bagi peneliti lain diharapkan mendapat hasil yang lebih maksimal jika melakukan penelitian yang serupa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6499 |
Actions (login required)
View Item |