Wulandari, Dewi (2017) Kesulitan guru kelas I dan IV dalam menerapkan penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 di SDN Tunggulwulung 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Dewi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Dewi. 2017. Kesulitan Guru Kelas I dan IV dalam Menerapkan Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SDN Tunggulwulung 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kesulitan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Penilaian autentik merupakan penilaian yang ditekankan dalam Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru kelas I dan IV dalam merencanakan melaksanakan dan melaporkan penilaian autentik pada ranah penilaian keterampilan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data yang diperoleh direduksi dan disajikan untuk kemudian ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini triangulasi teknik diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama guru kelas I dan kelas IV tidak merasa kesulitan dalam merencanakan penilaian karena guru berpedoman pada buku guru. Guru merasa kesulitan dalam membuat perencanaan penilaian portofolio khususnya dalam membuat instrumen penilaiannya. Sedangkan penilaian proyek guru kelas I dan IV tidak pernah membuat perencanaan penilaian proyek karena terkendala oleh waktu. Kedua kesulitan yang dialami guru kelas I dan IV di SDN Tunggulwulung 1 Kota Malang dalam melaksanakan penilaian pada ranah keterampilan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu 1) Ketidakmampuan guru dalam mengelola waktu secara efektif sehingga baik guru kelas I dan IV tidak pernah menggunakan teknik penilaian proyek dan menjadi penyebab guru kesulitan dalam melaksanakan penilaian kinerja produk dan portofolio 2) Jumlah peserta didik yang terlalu banyak dalam satu kelas membuat guru merasa kuwalahan dan tidak dapat melaksanakan penilaian secara tuntas dan 3) Ketidakmampuan guru dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif kreatif dan menyenangkan sehingga semangat belajar peserta didik cenderung rendah. Ketiga kesulitan yang dialami guru kelas I dan IV SDN Tunggulwulung 1 Kota Malang dalam mengolah dan melaporkan penilaian yaitu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu 1) Guru yang belum terbiasa menggunakan dan mengoprasikan aplikasi penilaian 2) Guru kurang menguasai bidang IT sehingga hal tersebut menjadi kendala utama yang dihadapi oleh guru dan 3) Aplikasi penilaian yang sering mengalami gangguan saat digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6495 |
Actions (login required)
View Item |