Prasetyono, Dwi (2017) Peningkatan keterampilan mendeskripsikan gambar melalui model example non example pada siswa kelas IV SDN Ngaringan 4 Kabupaten Blitar / Dwi Prasetyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyono Dwi. 2017. Peningkatan Keterampilan Mendeskripsikan Gambar Melalui Model Example Non Example pada Siswa Kelas IV SDN Ngaringan 04 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Dra. Sri Murdiyah M.Pd. Kata Kunci menulis deskripsi model example non example Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Ngaringan 4 Kabupaten Blitar dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi ditemukan permasalahan permasalahannya sebagai berikut (1) siswa tidak tau apa itu yang dimaksud kalimat deskripsi (2) hampir seluruh siswa kebingungan dalam memilih kata untuk mengawali kalimat yang akan mereka tulis (3) siswa terlihat bingung ketika ditugaskan untuk mendeskripsikan suatu objek dan objek tersebut tidak ada di depan mereka atau tidak terlihat oleh mereka dan (4) hasil deskripsi siswa kurang terperinci dengan objek yang diamati. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model example non example dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model pembelajaran example non example pada siswa kelas 4. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah PTK yang berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran keterampilan menulis deskripsi dengan model example non example di SDN Ngaringan 4 Kabupaten Blitar dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru maupun siswa. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi melalui model example non example dapat meningkat. Hal tersebut ditunjukan dengan dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 66 67 % dan siswa yang belum tuntas sebesar 33 33%. Sedangkan pada pertemuan 2 siswa yang tuntas belajar 77 78 % dan yang belum tuntas belajar 22 22%.Ketuntasan belajar siswa pada siklus 2 pertemuan 1 sebesar 88 89 % dan siswa yang belum tuntas sebesar 11 11%. Sedangkan pada pertemuan 2 persentase siswa yang tuntas belajar yaitu 100 %. Kesimpulan bahwa model pembelajaran example non example dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi. Untuk itu disarankan dalam pembelajaran menulis deskripsi guru menerapkan model example non exampleagar keterampilan siswa meningkat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |