Sitompul, Sumihar Sebastiana (2017) Berbagai aspek yang mempengaruhi kualitas lulusan D3 Pariwisata di Kota Medan / Sumihar Sebastiana Sitompul. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sumihar Sebastiana Sitompul 2016. Berbagai Aspek yang Mempengaruhi Kualitas Lulusan D3 Pariwisata di Kota Medan. Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Kustono M.Pd. (II) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (III) Dr. Rita Margaretha Setianingsih M.Hum. Kata Kunci Nilai IPK Pembelajaran Pemasaran Pariwisata Hard Skill Soft Skill Kualitas Kerja Lulusan. Kualitas sumber daya berawal dari bidang pendidikan terutama hasil lulusanlembaga pendidikkan harus mampu bersaing dengan bangsa lain. Kurikulum yang diaplikasikan untuk mata kuliah manajemen pemasaran pariwisata untuk mahasiswa D3 Jurusan Kepariwisataan di kota Medan tidak menyentuh aspek soft skills mahasiswa. Demikian juga dengan aspek IPK nilai praktik dan nilai bahasa Inggris. Kecenderungan yang tampak dari pelaksaan kurikulum yaitu penekanan makna mutu pendidikan yang lebih banyak dikaitkan dengan kemampuan hard skills yaitu kemampuan teknik dan akademik. Hal tersebut berdampak pada terabaikannya aspek akhlak budi pekerti seni dan kecakapan yang diperlukan oleh mahasiswa untuk menghadapi kehidupan di dunia kerja. Hal ini terlihat dari kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa serta hasil wawancara dengan para dosen yang mengajar mata kuliah tersebut bahwa memang pembelajaran pemasaran pariwisata serta aspek lainnya tidak menyangkut soft skills sehingga mempengaruhi kualitas kerja lulusan D3 Pariwisata di Medan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah pegawai kantor dinas pariwisata daerah Sumatra Utara. Teknik pengambilan sampel dengan teknik populasi sampling sehingga semua populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 97 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan Smart PLS versi 2.0 untuk menguji hipotesis dengan nilai cronbach s alpha dan composite reliability 8805 0 60 untuk menguji hipotesis. Sampling penelitian ini adalah lulusan D3 jurusan kepariwisataan di Medan yang sudah bekerja di kantor dinas pariwisata di Provinsi Sumatera Utara yaitu Pemkot Medan Kabupaten Samosir Kabupaten Dairi Kabupaten Humbang Hasundutan Kabupaten Tapanuli Utara Kabupaten Toba Samosir Kabupaten Karo Kabupaten Derdang Bedagai dan Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket kepada pegawai Dinas Pariwisata Daerah yang keseluruhannya berjumlah 97 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) berpengaruh tidak signifikan terhadap hard skills (2) nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap soft skills (3) pembelajaran pemasaran pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap hard skills (4) pembelajaran pemasaran pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap soft skills (5) nilai praktik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hard skills (6) nilai praktik berpengaruh positif dan signifikan terhadap soft skills (7) nilai bahasa Inggris tidak berpengaruh signifikan terhadap hard skills (8) nilai bahasa Inggris berpengaruh positif dan signifikan terhadap soft skills (9) hard skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja lulusan (10) soft skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja lulusan (11) indeks prestasi kumulatif (IPK) berpengaruh tidak signifikan terhadap kualitas kerja lulusan (12) pembelajaran pemasaran pariwisata berpengaruh tidak signifikan terhadap kualitas kerja lulusan (13) nilai praktik berpengaruh tidak signifikan terhadap kualitas kerja lulusan dan (14) nilai bahasa Inggris berpengaruh tidak signifikan terhadap kualitas kerja lulusan. Berdasarkan uraian di atas ada beberapa hal yang perlu diajarkan (1) bagi sekolah kejuruan yang mencetak lulusannya untuk siap bekerja supaya lebih menekankan kemampuan soft skills. (2) dosen yang mengajar disetiap mata kuliah dapat menambahkan materi soft skills pada saat pembelajaran (3) temuan penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi institusi pendidikan dan dosen untuk meningkatkan kualitas kerja lulusan. ABSTRACT Sumihar Sebastiana Sitompul 2016. Various aspects that affect the quality of Medan Tourism Academy Graduate Vocational Education Program. Post Graduate State University of Malang. Supervisor (I) Prof. Dr. Djoko Kustono M.Pd. Co Supervisor (II) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (III) Dr. Rita Margaretha Setianingsih M.Hum. Key words Grade point average Learning of Tourism Marketing Hard Skill Soft Skill Graduation of work quality. The quality of resources originated from the field of education especially the graduates should be able to complete with other nations. The curriculum is applied to tourism marketing management course event tough grade point average hard skill soft skill aspects in tourism vocational education in Medan is not touching aspects of soft skills of students a trend that appears from the implementation of the curriculum is the emphasis the quality of education that is more associated with academic ability. This resulted in the neglect of aspects of morals manners art and skills needs by student in the work life. Research design uses quantitatif method. Populations are employes from Tourism board offices. Populasi sampling are 97 persons. Analisys data techniques used SmartPLS 2.0 program. The subject is the graduates of tourism academy who have been working at tourism offices in North Sumatera namely Medan Samosir Dairi Humbang Hasundutan North Tapanuli Toba Samosir Karo Serdang Bedagai Deli Serdang. Respondens are 97 officers. Data collected by using instrument of questionnaire and analized by statistic with significant 8804 0 05. The result of the research prove that (1) Grade Point Average (GPA) effect is not significant to hard skills (2) GPA effects significant to soft skills (3) Learning of tourism marketing effects significant to hard skills (4) Learning of tourism marketing effects significant to soft skills (5) Practice value effects significant to hard skills (6) Practice value effects significant to soft skills (7) English value effects not significant to hard skills (8) English value effects significant to soft skill (9) Hard skill effects significant to graduates of work quality (10) Soft skill effects significant to graduates of work quality (11) GPA effects is not significant to graduates of work quality (12) Learning of tourism marketing effects is not significant to graduates of work quality (13) Practice value effects is not significant to graduates of work quality and (14) English result effects is not significant to graduates of work quality. Based on the research there are some conveyed (1) vocational school is expected to prepare the graduates who is ready to work pressing on soft skill ability (2) lectures should increase the material resources of soft skills in learning process (3) the research can be referenced for educational institutions and lectures to improve the quality of graduates.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64854 |
Actions (login required)
View Item |