Sugiati, Ilhami (2017) Analisis muatan nilai-nilai katakter pada buku siswa kelas I semester 1 terbitan Kemendikbud 2016 / Ilhami Sugiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sugiati Ilhami. 2017. Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas I Semester I Terbitan Kemendikbud 2016. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci Nilai Karakter Buku Siswa Nilai-nilai karakter perlu termuat dalam buku ajar yaitu dalam buku ajar cetak berupa buku siswa kelas I semester I terbitan Kemendikbud 2016. Buku siswa tersebut merupakan buku ajar yang baru diterbitkan oleh kemendikbud pada tahun ajaran 2016/2017 untuk di gunakan dalam pembelajaran kelas I semester 1. Hasil telaah awal yang dilakukan menemukan fakta bahwa terdapat muatan nilai-nilai karakter pada tiap bagian buku tetapi penyebarannya tidak merata. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dan tersebar atau tidak termuat dalam bagian buku seperti dalam bagian informasi pendukung petunjuk kerja/kegiatan dan tagihan kerja/latihan . Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif ini menghasilkan temuan dapat di simpulkan bahwa buku siswa kelas I semester 1 telah bermuatan nilai-nilai karakter. Dari 18 nilai karakter yang termuat dalam kontrak standar isi kurikulum 2013 buku siswa kelas I semester 1 telah memuat 17 nilai karakter yaitu religius jujur toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri rasa ingin tahu semangat kebangsaan cinta tanah air menghargai prestasi bersahabat/ komunikatif cinta damai gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Sedangkan nilai karakter yang tidak termuat yaitu demokratis. Nilai-nilai karakter itu telah termuat dalam setiap bagian unsur bahan ajar namun dengan banyak muatan yang berbeda di setiap bagian. Dari 582 temuan muatan nilai karakter muatan nilai karakter yang terdapat dalam bagian informasi pendukung sebanyak 253 temuan dalam bagian petunjuk kegiatan sebanyak 149 temuan dan dalam bagian tagihan kerja sebanyak 180 temuan. Di antara temuan-temuan tersebut terdapat muatan nilai karakter yang tidak mencerminkan nilai tanggung jawab. Atas dasar temuan penelitian yang diperoleh maka peneliti menyarankan bagi pendidik untuk menganalisis terlebih dahulu muatan nilai-nilai karakter pada buku ajar yang akan digunakan sementara bagi penulis buku siswa dapat melakukan penambahan muatan nilai karakter yang belum muncul dan melakukan revisi terhadap beberapa istilah yang kurang relevan dalam buku. Selain itu bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan cakupan penelitian yang lebih luas dengan menggunakan metodologi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6485 |
Actions (login required)
View Item |