Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas 1 semester 2 SD / Setiyo Aji Karim - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas 1 semester 2 SD / Setiyo Aji Karim

Karim, Setiyo Aji (2017) Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas 1 semester 2 SD / Setiyo Aji Karim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karim Setiyo Aji. 2017. Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter dalam Buku Siswa Kelas I Semester 2 SD. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nur Hanifah M.Pd (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata kunci Analisis Nilai Karakter Buku Siswa. Nilai-nilai karakter perlu dimuat dalam buku siswa karena sebagai bagian dari pendidikan karakter. Salah satunya dalam buku siswa kelas I semester 2 yang pada tahun pelajaran 2016/ 2017 baru digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian terdahulu dan dokumentasi bahan ajar yang digunakan di sekolah dasar masih terdapat temuan fakta bahwa isi buku yang digunakan belum memadai dalam pemuatan nilai-nilai karakter. Untuk mengetahui pemuatan nilai-nilai karakter buku itu maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam bagian judul bagian wacana bagian latihan dan bagian evaluasi buku siswa kelas I semester 2 SD. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif ini menghasilkan simpulan bahwa buku siswa kelas I semester 2 telah bermuatan nilai-nilai karakter dalam setiap bagian buku. Dari 18 nilai karakter yang termuat dalam kontrak standar isi kurikulum 2013 buku siswa kelas I semester 2 telah memuat 18 nilai karakter yaitu religius jujur toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan cinta tanah air menghargai prestasi bersahabat/ komunikatif cinta damai gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai-nilai karakter itu telah termuat dalam bagian unsur buku siswa namun dengan banyak muatan yang berbeda. Dari 367 temuan muatan 4 nilai karakter dalam bagian judul terdeskripsi dalam 20 temuan muatan 17 nilai karakter dalam bagian wacana terdeskripsi dalam 184 temuan muatan 10 nilai karakter dalam bagian latihan terdeskripsi dalam 114 temuan muatan dan 11 nilai karakter dalam bagian evaluasi terdeskripsi dalam 49 temuan muatan. Atas dasar temuan penelitian yang diperoleh maka peneliti menyarankan bagi pemerintah untuk melakukan pengkajian terhadap muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa sebelum buku itu didistribusikan ke sekolah-sekolah. Bagi penulis/ penyusun buku disarankan untuk melakukan perbaikan dalam melakukan pengorganisasian muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa secara lengkap dan sistematis. Bagi guru disarankan untuk mengembangkan muatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran secara konsisten dalam setiap bagian buku. Selain itu bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian dengan obyek kajian yang berbeda fokus penelitian yang lebih luas dan dengan metodologi yang berbeda. ABSTRACT Karim Setiyo Aji. 2017. The Analysis of Character Values on Students Book at 1St Grade on Second Semester of Elementary School. Sarjana s Thesis Elementary Schools Teacher s Program Primary Education and Pre-School Education Department Faculty of Education State University of Malang. Advisors (I) Dra. Nur Hanifah M.Pd (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Keywords Analysis Character Values Students Book. The character values need to be loaded in the student book as it is part of character education. One of them in the book of students of class I semester 2 which in the 2016/2017 school year is only used in learning. From the results of previous research and documentation of teaching materials used in primary schools there are still findings of the fact that the content of the book used is not sufficient in the loading of character values. To know the loading of the character values of the book then this research is done. This study aims to describe the values of characters contained in the title the discourse the exercise and the evaluation section of the book grade I semester 2 of elementary school. The research done with this qualitative approach resulted in the conclusion that the book of students of class I semester 2 has been charged character values in each section of the book. Of the 18 character values contained in the standard contracts of the contents of the 2013 curriculum the first-grade student book of semester 2 contains 18 values of characters namely religious honest tolerance discipline hard work creative independent democratic curiosity Love homeland appreciate achievement friendly / communicative love peace love to read care environment social care and responsibility. The characters values are contained in the textbook section of the student but with many different charges. Of the 367 payloads 4 character values in the title section are encrypted in 20 loads 17 character values in discourse sections are encrypted in 184 loads 10 character values in the description section of 114 descriptions of training and 11 character values in the description section are described in 49 loads. On the basis of research findings obtained the researcher suggests for the government to conduct an assessment of the content of the character values in the student book before the book is distributed to schools. For the authors/authors of the book it is advisable to make improvements in organizing the content of character values in the book students in a complete and systematic. For teachers it is advisable to develop the content of character values in learning consistently in each section of the book. In addition for other researchers it is advisable to conduct research with different study objects broader research focus and with different methodologies.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6481

Actions (login required)

View Item View Item