Pengembangan kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan terpadu di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Jombang / Suharto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan terpadu di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Jombang / Suharto

Suharto (2015) Pengembangan kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan terpadu di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Jombang / Suharto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suharto 2015 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Kewirausahaan Terpadu di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Jombang. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. J.G. Nirbito M.Pd. (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (III) Dr. Mit Witjaksono M.S.Ed. Kata Kunci Pengembangan kurikulum Pembelajaran kewirausahaan terpadu. Tujuan pendidikan menengah kejuruan yaitu meningkatkan kecerdasan pengetahuan kepribadian akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri sehingga kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja. Namun dalam pelaksanaannya pembelajaran kewirausahaan di SMK PGRI 1 Jombang ternyata masih belum banyak kontribusinya untuk menunjang pencapaian tujuan tersebut. Salah satu yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya selama ini antara lain kurang efektifnya pembelajaran kewirausahaan karena isi materi belajar kewirausahaan masih tumpang tindih dengan isi materi mata pelajaran bidang keahlian di masing-masing jurusan baik di jurusan yang sama maupun pada jurusan yang berbeda. Dengan permasalahan tersebut maka dipandang penting untuk segera melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran kewirausahaan di SMK melalui pembelajaran yang inovatif dengan kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan yang terpadu. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan permasalahan kebutuhan pembelajaran kewirausahaan bagi guru dan siswa di SMK (2) menyusun desain pengembangan kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan terpadu yang tepat di SMK (3) mengukur keefektifan kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan terpadu yang tepat di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 1 Jombang. Secara metodologis untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian pengembangan kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan terpadu ini menggunakan pendekatan design-based research karena pendekatan pengembangan ini mempunyai sifat fleksibilitas yang baik untuk penelitian pengembangan. Langkah operasional dalam riset berbasis desain dan implementasinya peneliti mengadaptasi dari model empat-fase yang dikembangkan oleh Reeves (2006) dan Heerington (2007) yaitu (1) Analisis masalah (2) Penyusunan produk secara konseptual (3) Uji rancangan produk (4) dan evaluasi produk pengembangan secara keseluruhan. Jenis data berupa data primer diperoleh secara langsung dari responden yaitu data umum berupa hasil eksploratif yang dilaksanakan pada studi pendahuluan di SMK PGRI 1 Jombang dan data khusus berupa respon (tanggapan/kesan) melalui uji coba produk. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumen angket pedoman wawancara mendalam (in-depth interview) dan focus-group discussion (FGD). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis matching dan teknik analisis deskriptif. Luaran produk pengembangan berupa paket produk Kurikulum dan Pembelajaran Kewirausahaan Terpadu yang secara khusus berupa Peta Kompetensi Dasar (KD) penjabaran KD ke dalam indikator silabus RPP bahan ajar dan pedoman pembelajaran kewirausahaan terpadu bagi guru. Secara keseluruhan diuji coba melalui beberapa tahap yaitu (1) review isi oleh ahli kewirausahaan (2) review desain oleh ahli pembelajaran (3) review penilaian oleh guru dan praktisi wirausaha (4) review penilaian/tangapan oleh siswa (5) uji kelompok kecil (6) dan uji coba lapangan. Data hasil evaluasi berupa saran tanggapan atau penilaian dari semua subjek uji coba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan terpadu yang dihasilkan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validasi desain dari ahli pembelajaran secara keseluruhan adalah sangat baik untuk uji validasi isi kewirausahaan dari ahli pendidikan ekonomi secara keseluruhan hasilnya sangat layak sedangkan penilaian praktisi wirausaha secara keseluruhan menunjukkan kategori sangat layak. Hasil uji terbatas melalui kelompok kecil secara keseluruhan adalah sangat baik. Sedangkan hasil uji coba lapangan untuk tanggapan guru dan praktisi (4 orang) terhadap kurikulum untuk pembelajaran kewirausahaan secara keseluruhan adalah sangat baik untuk tanggapan siswa (34 siswa) terhadap produk kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan secara keseluruhan adalah berada pada interval baik sampai sangat baik cenderung mendekati ke sangat baik dan hasil uji coba untuk praktek menunjukkan kategori baik. Kelayakan pemakaian produk pengembangan ini juga bisa dilihat dari indikasi saat pengukuran efektifitas kurikulum dan pembelajaran melalui pengukuran pre dan pos tes terhadap pengetahuan dan sikap wirausaha siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa mengalami perubahan sebesar 64% (yang baik naik 32%) dan kecenderungan wirausaha juga mengalami perubahan 52% (yang baik naik 11%). Sedangkan hasil praktik berwirausaha keterampilan wirausaha siswa menunjukkan kategori baik. Dari rangkaian kegiatan dalam setiap fase uji coba dan penilaian serta beberapa masukan dari beberapa kolaborator dapat dikatakan bahwa produk pengembangan berupa kurikulum pembelajaran kewirausahaan terpadu sudah layak digunakan. Produk pengembangan ini sudah layak dan efektif untuk dipakai maka sebaiknya produk ini bagi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang segera dipakai sebagai alternatif untuk pembelajaran kewirausahaan di SMK dan bagi Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Jombang produk ini sudah dapat diterapkan untuk pembelajaran kewirausahaan. Untuk pengembangan produk lanjutan dapat ditambahkan dengan model lainnya seperti blended modelling on the job training dan lainnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64802

Actions (login required)

View Item View Item