Pengembangan media ular tangga pada pembelajaran tematik subtema Kerajaan Islam di Indonesia kelas V Sekolah dasar / Sokhiyatul Ainiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media ular tangga pada pembelajaran tematik subtema Kerajaan Islam di Indonesia kelas V Sekolah dasar / Sokhiyatul Ainiyah

Ainiyah, Sokhiyatul (2017) Pengembangan media ular tangga pada pembelajaran tematik subtema Kerajaan Islam di Indonesia kelas V Sekolah dasar / Sokhiyatul Ainiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ainiyah Sokhiyatul. 2017. Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Subtema Kerajaan Islam di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata Kunci Media Ular Tangga Kerajaan Islam Sekolah Dasar Kegiatan yang berpusat pada siswa merupakan salah satu karakteristik pembelajaran tematik. Media pembelajaran dapat memudahkan siswa dalam memahami suatu materi pelajaran. Materi sejarah kerajaan islam pada umumnya merupakan materi yang sangat sukar dipahami oleh siswa sehingga siswa membutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi tersebut. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk media ular tangga untuk kelas V yang memenuhi teknik substansial pembelajaran Subtema Kerajaan Islam di Indonesia yang sesuai dengan ahli media dan ahli materi serta menghasilkan produk media pembelajaran yang efektif untuk guru dan siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model prosedural yang mengadaptasi pada model pengembangan Dick and Carey. Langkah-langkah yang digunakan oleh peneliti yaitu analisis kebutuhan analisis karakteristk siswa desain produk produksi evaluasi formatif revisi dan produksi akhir. Produk yang dihasilkan berupa media ular tangga yang terdiri dari satu lembar ular tangga satu set kartu ular tangga lima buah bidak satu buah dadu satu buku petunjuk penggunaan bagi siswa dan guru. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Petungasri 1. Berdasarkan evaluasi formatif yang dilakukan pada ahli media diperoleh persentase sebesar 94 31%. Kekurangan produk menurut ahli media yaitu kurangnya identifikasi program pada pengepakan produk dan label pada kartu ular tangga serta tidak adanya korelasi antara permainan dengan kartu. Evaluasi formatif dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 94 31%. Evaluasi formatif yang dilakukan pada pengguna (guru) diperoleh persentase sebesar 87 96 %. Kekurangan produk menurut pengguna (guru) yaitu kurangnya nomer disetiap kartu ular tangga. Uji coba kelompok kecil didiperoleh persentase sebesar 93 22% dan pada uji coba lapangan diperoleh persentase sebesar 89 14%. Hasil persentase yang didapatkan dari ahli media ahli materi dan pengguna memenuhi kriteria sangat layak digunakan tanpa perbaikan. Keefektifan media dapat dilihat dari hasil post test yang mencapai KKM yang ditetapkan. Disarankan pada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan media ular tangga dengan menambah materi atau muatan pelajaran dan mengembangkan media ular tangga berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6473

Actions (login required)

View Item View Item