Listiyana (2017) Kesulitan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 di SDN Karangbesuki 1 Malang / Listiyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Listiyana. 2017. Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 di SDN Karangbesuki 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs.H.Sutrisno S.Pd M.Pd (2) Dra.Hj.Sukamti M.Pd. Kata Kunci Kesulitan guru melaksanakan penilaian autentik Penilaian autentik terdiri dari tiga kompetensi yang diukur yaitu kompetensi sikap kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Pada penerapannya di sekolah dasar guru diharuskan melaksanakan penilaian dengan ketiga kompetensi tersebut pada setiap pembelajaran yang dilaksanakan. Namun pada observasi dan wawancara awal terhadap guru-guru di SDN Karangbesuki 1 Malang ditemukan bahwa guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini dengan fokus penelitian antara lain (1) kesulitan guru dalam merencanakan penilaian autentik (2) kesulitan guru dalam melaksanakan penilaian autentik (3) kesulitan guru dalam mengolah hasil penilaian autentik (4) kesulitan guru dalam melaporkan hasil penilaian autentik dan (5) upaya guru mengatasi kesulitan yang dialami dalam pelaksanaan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas I kelas II kelas III kelas IV dan kelas V di SDN Karangbesuki 1 Malang. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri dengan didukung instrumen berupa pedoman observasi pedoman wawancara catatan lapangan dan dokumen. Teknik analisis datanya yaitu melalui aktifitas reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru kelas I kelas II dan kelas IV mengalami kesulitan dalam membuat RPP (2) guru kelas I kelas II dan kelas III kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik selama kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas III dan kelas V kesulitan menyelesaikan penilaian selama jam pelajaran (3) guru kelas I kelas II dan kelas IV mengalami kesulitan dalam mengolah penilaian (4) guru kelas I kelas II kelas III kelas IV dan kelas V tidak mengalami kesulitan dalam melaporkan hasil penilaian autentik dan (5) guru kelas I kelas II kelas III kelas IV dan kelas V belum memiliki cara khusus untuk menangani kesulitan pelaksanaan penilaian autentik yang dialami. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru masih mengalami kesulitan yaitu pada merencanakan melaksanakan dan mengolah hasil penilaian autentik. Berbagai kesulitan yang dialami guru disebabkan oleh beberapa faktor seperti kemampuan guru mengolah waktu pembelajaran hingga administrasi yang cukup banyak sehingga guru melakukan kegiatan penilaian sesuai kemampuan guru. Adanya kesulitan yang dialami guru diharapkan guru lebih aktif dan kreatif dalam upaya menyelesaikan kesulitannya. Selain itu perlu adanya evaluasi dan bantuan dari berbagai pihak terkait sehingga kesulitan yang dialami guru tidak berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |