Pengembangan mobile learning berbasis multimedia pelajaran fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk kelas X SMA Panjura Malang / Jefri Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning berbasis multimedia pelajaran fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk kelas X SMA Panjura Malang / Jefri Pratama

Pratama, Jefri (2016) Pengembangan mobile learning berbasis multimedia pelajaran fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk kelas X SMA Panjura Malang / Jefri Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Jefri. 2016. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Multimedia Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Untuk Kelas X SMA Panjura Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Wedi M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd M.Med. Kom. Kata Kunci Pengembangan Mobile Learning Multimedia Fisika Gerak Lurus Mobile Learning Berbasis Multimedia merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan mobile device seperti smartphone untuk menyajikan perpaduan media teks audio grafik video animasi dan gambar. Produk yang dikembangkan berfungsi sebagai komplemen. Berdasarkan hasil observasi lapangan di kelas X SMA Panjura malang permasalahan yang ditemukan adalah guru mengalami kesulitan untuk menjelaskan proses gerak lurus karena materi ini sulit untuk diamati pada kehidupan nyata. Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode ceramah diskusi dan presentasi. Dan juga permasalahan pada karakteristik siswa kelas X SMA Panjura Malang yang sering menggunakan smartphone saat pembelajaran. Tujuan dari pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk Mobile learning berbasis multimedia versi offline yang valid sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus yang valid. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee W.W. Owens D.L. yang meliputi tahap analisis desain pengembangan dan implementasi dan tahap evaluasi. Peneliti juga melakukan validasi terhadap ahli media ahli materi dan audiens. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dari validator dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian intrumen oleh ahli media ahli materi dan audiens/siswa. Berdasarkan hasil validasi dan masukan dari ahli media materi dan uji coba maka peneliti melakukan beberapa perbaikan. Di antaranya adalah perbaikan produk pada bagian isi materi dan animasi menjadi lebih banyak dan juga penggunaan metode random atau acak pada bagian kuis pada aplikasi. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh total persentase 97 75% hasil angket ahli materi diperoleh total persentase 83%. Dari hasil observasi pada saat uji coba lapangan diperoleh ujicoba audiens perseorangan 95% dari ujicoba kelompok kecil didapat skor prosentase 86 33% dan dari uji coba kelompok besar didapat skor prosentase 89 25%. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran mobile ini valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item