Ristanto, Rizhal Hendi (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran integrasi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan inkuiri terbimbing serta pengaruhnya terhadap literasi sains dan penguasaan konsep biologi mahasiswa PGSD Universitas Pakuan / Rizhal Hendi Ristanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ristanto Rizhal Hendi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integrasi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Inkuiri Terbimbing serta Pengaruhnya terhadap Literasi Sains dan Penguasaan Konsep Biologi Mahasiswa PGSD Universitas Pakuan. Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd Pembimbing (II) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin S.Pd M.Si Pembimbing (III) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata Kunci CIRC inkuiri terbimbing literasi sains penguasaan konsep biologi Kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep biologi pada mahasiswa calon guru sangat diperlukan agar dapat mengembangkan diri dalam melaksanakan profesinya. Peningkatan kemampuan tersebut diupayakan melalui pengembangan perangkat pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Salah satu cara pengembangan pembelajaran dilakukan dengan cara mengintegrasikan model pembelajaran CIRC dan inkuiri terbimbing. Pembelajaran CIRC merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kegiatan membaca dan menulis. Pembelajaran inkuiri terbimbing merupkan model pembelajaran yang langkah-langkahnya berdasarkan metode ilmiah sesuai dengan arahan dosen.kedua mode tersebut tepat diterapkan pada pembelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Konsep Dasar Biologi untuk SD yang valid efektif serta memiliki keterterapan yang tinggi serta mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep biologi mahasiswa PGSD di Universitas Pakuan. Penelitian ini terdiri dari penelitian pengembangan dan penelitian eksperimen. Penelitian pengembangan menggunakan model 4D (define design develop dan disseminate). Pada tahap disseminate memiliki keterbatasan dan mengganti tahapan uji coba terbatas dengan penelitian kuasi eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan berupa quasy experiment menggunakan rancangan pretest-postest non equivalent control group design dan dilaksanakan pada mahasiswa PGSD semester satu Universitas Pakuan tahun akademik 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD Universitas Pakuan semester I yang terdiri dari 10 kelas. Sebelum menentukan sampel dilakukan uji penyetaraan terhadap 10 kelas menggunakan grouping test. Hasil uji penyetaraan menunjukkan 10 kelas setara kemudian ditentukan sampel penelitian yang dilakukan dilakukan dengan metode cluster random sampling yaitu untuk memilih 4 kelas yang dilibatkan pada penelitian kuasi eksperimen. 4 Kelas terdiri dari 3 kelas eksperimen yaitu kelas CIRC inkuiri terbimbing dan integrasi CIRC dan inkuiri terbimbing serta 1 kelas konvensional. Data kemampuan literasi sains diperoleh melalui tes pilihan ganda yang merujuk pada kompetensi literasi sains PISA meliputi mengidentifikasi isu-isu ilmiah menjelaskan fenomena ilmiah dan menggunakan bukti-bukti ilmiah sedangkan data penguasaan konsep biologi diperoleh melalui tes esai yang mencakup 6 tingkatan Taksonomi Bloom. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (Anakova) pada taraf signifikansi 5% (p
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |