Listiana, Lina (2016) Pengaruh strategi Group Investigation (GI) dipadu Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa berkemampuan akademik berbeda / Lina Listiana. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lina Listiana. 2016.PengaruhStrategi GroupInvestigation (GI) DipaduThinkTalkWrite (TTW) terhadapKeterampilanMetakognitif KeterampilanBerpikirKreatifdanHasilBelajarBiologiSiswaBerkemampuanAkademikBerbeda di SMA Muhammadiyah se-Surabaya. Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (II) Dr. Hadi Suwono M.Si dan (III) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata Kunci GroupInvestigation (GI) ThinkTalkWrite (TTW) kemampuan akademik keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif hasil belajar biologi. Peningkatankualitas pembelajaran merupakansalahsatuupayapeningkatankualitasmanusiadalammewujudkanpendidikannasional yang bermutu. Aspek yang sangatmenentukankeberhasilansebuah pembelajaran di kelasantara lain penggunaan strategi dan model pembelajaran. Strategi pembelajaran konvensionalsebagianbesarmasihmendominasipola pembelajaran Biologi di beberapa SMA Muhammadiyah di Kota Surabaya. Strategi pembelajaran konvensionalbelum optimal memberdayakanketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkreatifsiswa. Hal iniberdampakpadarendahnyahasilbelajarbiologisiswa. Strategi Group Investigation (GI)dianggapberpotensimemberdayakanketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkreatifsiswa. Strategi pembelajaran lainnya yangberpotensimemberdayakan keterampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkreatifsiswaadalah strategi pembelajaran think talk write (TTW). Penggunaan strategi GI dan TTWtelahmengungkapkanberbagaikelebihan namunterdapatkekurangandari strategi pembelajaran ini. Perpaduan kedua strategi diharapkan dapat saling menutupi kekurangan masing-masing dan memaksimalkan pemberdayaanketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkreatif yang selanjutnyameningkatkanhasilbelajarbiologisiswa.PerpaduanGIdanTTWmembentuk strategi GITTW. Penelitianini bertujuan untukmelihatpengaruhGI TTW GITTWdan pembelajaran konvensionalterhadapketerampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif danhasil belajar biologisiswaberkemampuanakademikberbedapada pembelajaran biologi sertamengetahuihubunganantaraketerampilanmetakognitifdenganhasilbelajarbiologisiswa antaraketerampilanmetakognitifdenganketerampilanberpikirkreatifsiswa antaraketerampilanberpikirkreatifdenganhasilbelajarbiologisiswa danantaraketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkreatifdenganhasilbelajarbiologisiswa. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design pola faktorial 4 x 2. Variabelbebasdalampenelitianiniadalah strategi pembelajaran yang terdiriatas 4 jenisyaitustrategi GI TTW GITTW dan pembelajaran konvensional sedangkankemampuanakademik yang terdiriataskemampuanakademikatasdanbawahsebagaivariabel moderator. Variabelterikatnyaadalahketerampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif hasil belajar biologisiswa. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakantesketerampilanmetakognitifterintegrasidengantesketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarbiologi lembarobservasi pembelajaran danangkettanggapansiswa. Data dianalisissecaradeskriptifdaninferensialdengananakova dan regresi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologisiswa.Strategi GITTW berpotensi memberdayakan keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologisiswa dibandingkan dengan strategi GI TTW dan pembelajaran konvensional(2) kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologisiswa.Siswa berkemampuan akademik atas memiliki persentase perubahan skorketerampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologilebih tinggi daripada siswa berkemampuan akademik bawah (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik berpengaruh terhadapketerampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologisiswa. Strategi GITTW GI dan TTW cenderung lebih meningkatkan keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologisiswakemampuanakademikatas. Denganrerataterkoreksinilaihasilbelajar biologi tertinggimenyusulketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkreatif. (4) ada hubunganantaraketerampilan metakognitifdenganhasilbelajarbiologisiswa ada hubungan antara keterampilan metakognitif dengan keterampilan berpikir kreatifsiswa adahubunganantaraketerampilanberpikirkreatifdenganhasilbelajar biologi siswa danadahubunganantaraketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkreatifdenganhasilbelajarsiswapada pembelajaran Biologi. Temuanpadapenelitianiniberupasintaks strategi GITTW.Temuan penelitian menunjukkan bahwa skor terkoreksivariabelketerampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologisiswatertinggiterdapatpadasiswa yang diajardengan strategi GITTWyaituketerampilan metakognitif 56 363 keterampilan berpikir kreatif 53 095 danhasilbelajar biologi 69 400. Selain itu ditemukan bahwa skor terkoreksivariabelketerampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologisiswaberkemampuan akademik atas lebih besar daripada siswa berkemampuan akademikbawahyaituketerampilanmetakognitifkemampuanakademikatassebesar 54 121 kemampuanakademikbawahsebesar 42 175 keterampilanberpikirkreatifkemampuanakademikatas 49 691 dankemampuanakademikbawah 38 706 sertahasilbelajar biologi siswakemampuanakademikatassebesar 67 662 dankemampuanakademikbawahsebesar 51 679. Temuanlain strategi GI TTW danGITTW cenderunglebihmeningkatkanketerampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif danhasil belajar biologisiswadengankemampuanakademikatas. Terkaitujihubungan terlihatbahwapadakeempat strategi pembelajaran yang berbeda keterampilanmetakognitifmemilikihubungan yang signifikandenganhasilbelajarbiologidanketerampilanberpikirkreatifsiswa keterampilanberpikirkreatifmemilikihubungansignifikandenganhasilbelajar biologi siswa danketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkreatifberhubungandenganhasilbelajar biologi siswa. Berdasarkan hasil penelitian pembahasan dan kesimpulan disarankan agar strategi GITTWdapatdigunakansebagaisalahsatudasarpengembangan strategi pembelajaran yang dapatmeningkatkanketerampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |