Peningkatan hasil belajar tema Indahnya Keberagaman di Negeriku muatan IPS melalui model Probing Prompting Learning (PPL) pada siswa kelas IVB SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Rizki Vita Cahyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar tema Indahnya Keberagaman di Negeriku muatan IPS melalui model Probing Prompting Learning (PPL) pada siswa kelas IVB SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Rizki Vita Cahyaningtyas

Cahyaningtyas, Rizki Vita (2017) Peningkatan hasil belajar tema Indahnya Keberagaman di Negeriku muatan IPS melalui model Probing Prompting Learning (PPL) pada siswa kelas IVB SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Rizki Vita Cahyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyaningtyas Vita R. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Muatan IPS melalui Model Probing Prompting Learning (PPL) pada Siswa Kelas IV B SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasaar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Murdiyah M.Pd (II) Suminah S.Pd M.Pd. Kata kunci hasil belajar ips modelprobing prompting learning Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SDN Bendogerit 2 Kota Blitar pada tema Indahnya Keberagaman di Negeriku muatan IPS guru mengajar menggunakan metode ceramah guru tidak mengunakan media dan guru tidak menggunakan variasi model pembelajaran. Sehingga siswa menjadi malas dalam kegiatan pembelajaran. Hal itu mengakibatkan hasil belajar siswa kurang baik atau belum maksimal yaitu 8 dari 21 siswa yang tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model Probing Prompting Learning dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan 2 siklus tiap siklus dilaksanakan 2 pertemuan masing-masing pertemuan terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian sebagai berikut. Pertama nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar70% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 100%. Kedua aktifitas siswa pada siklus I sebesar 65% kemudian terjadi peningkatan menjadi 100% pada siklus II. Ketiga hasil belajar aspek psikomotor jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 5 siswa dari 21 siswa dengan persentase 24%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi19 siswa dari 21 siswa dengan persentase 91%. Keempat aspek kognitif jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 5 siswa dari 21 siswa dengan persentase 24 % kemudian terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 19 dari 21 siswa dengan persentase 91%. Kelima hasil belajar jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 6 siswa dari 21 siswa dengan persentase 29 % kemudian terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 19 dari 21 siswa dengan persentase 91%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Probing Prompting Learning dalam tema Indahnya Keberagaman di Negeriku muatan IPS dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dari aspek psikomotorik dan kognitif. ABSTRACT Cahyaningtyas Vita R. 2017. Improved Learning Outcomes Theme The Beautiful of diversity in my country Freight Social Science Trought Probing Prompting Learning Model (PPL) In Class IV B State Primary School 2 of Blitar City. Thesis Departement Teacher Elementary School Education and Preschool Faculty of Education University State of Malang. Supervisor (1) Dra. Sri Murdiyah M. Pd (II) Suminah S.Pd M.Pd. Keywords learning outcomes social sciences prompting probing learning model The Results of observation researchers at State Primary School 2 of Blitar City on the theme The Beautiful Of Diversity In My Country freight Social Science teachers used classic model like lectur learning the teacher did not use media education and teachers did not use variety of learning models. Its can make the children become tired and did not interast in this activities so it can decreased student learning outcomes well or not maximized just 8 from 21 student can completed. This study have a purpose to describe of the application of Probing Prompting Learning and model in theme The Beautiful Of Diversity In My Country Freight Social Science. The approach used in this study is a qualitative approach to the type of research is a class action research. The study conducted 2 cycles each cycle conducted two meetings each meeting consist of planning implementation observation and reflection. The data collection used observation test documentation and field notes. The analysis technique used qualitative analysis includes data reduction data presentation and conclusion. Based on the results of research findings as follows firstly the value of the activities of teachers is 70% after the second cycle increased to 100%. Second the activities of students in the first cycle is 65% and then can increased to 100% in the second cycle. Third psychomotor aspects of learning outcomes at the firstly just 5 from 21 students with a percentage of 24%. While on the second cycle increased till 19 from 21 students with a percentage 91%. Fourth cognitive aspects of learning programe at the firstly just 5 from 21 students with a percentage of 24% and then increased in the second cycle to 19 of the 21 students with a percentage of 91%. Fifth the learning outcomes of students at the firstly cycle as much as 6 from 21 students with a percentage of 29% and then increased in the second cycle to 19 of the 21 students with a percentage of 91%. The conclution of the research about applicability of the Probing Prompting Learning model in a theme The Beautiful of Diversity in My Country Freight Social Science can increase of teachers and students activity and can improve student learning outcomes other aspect like psychomotor and cognitive side.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6464

Actions (login required)

View Item View Item